Kalah Lagi, Barito Putera Bikin Persipura Sulit Bangun dari Dasar Klasemen

0
830

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Barito Putera berhasil taklukkan Persipura Jayapura. Dalam laga ini Barito Putera berhasil kalahkan Persipura Jayapura di seri kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Senin (25/10/2021).

Kekalahan dari Barito Putera itu membuat Persipura melalui lima pertandingan secara beruntun tanpa kemenangan.

Barito Putera memperpanjang derita Persipura Jayapura setelah menaklukkan lawannya itu dengan skor tipis 1-0 pada matchday kesembilan Liga 1 2021/22 di Stadion Moch Soebroto, Senin (25/11) sore WIB.

Kekalahan dari Barito Putera itu membuat Persipura melalui lima pertandingan secara beruntun tanpa kemenangan. Mutiara Hitam mendapatkan satu imbang dan empat kekalahan, sehingga membuat mereka turun ke posisi 17 klasemen sementara dengan nilai lima.

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

Sebaliknya, kemenangan atas Persipura mengangkat posisi Barito Putera menjadi satu tangga lebih baik ke peringkat 16 dengan nilai tujuh. Hasil itu memutus catatan buruk di tiga laga sebelumnya.

ads

Barito Putera mengambil inisiatif serangan terlebih dulu selepas wasit meniupkan peluit kick-off. Ancaman sudah diberikan Abrizal Umanailo di awal laga, tapi sepakannya hanya menerpa sisi luar jala kiri gawang.

Persipura memberikan respons terhadap permainan agresif Persipura. Namun serangan yang monoton dengan mudah dapat dipatahkan barisan belakang Barito Putera. Satu peluang diperoleh Persipura melalui Yevhen Bokhashvili yang dapat dipatahkan kiper Aditya Harlan.

Selepas laga berjalan sepuluh menit, kedua tim tidak banyak mendapatkan kesempatan untuk menekan pertahanan lawan masing-masing, karena bola lebih sering berkutat di sektor tengah.

Baca Juga:  Manajer RANS FC Kembali Merumput, Kok Bisa?

Menemui jalan buntu, Barito Putera mulai membuka opsi melepas tendangan dari luar kotak penalti. Hal itu dilakukan Rafael Oliveira pada menit ke-26. Tapi tendangan pemain dengan sapaan Rafinha ini masih belum menemui sasaran. Skor imbang tanpa gol ini bertahan hingga babak pertama usai.

Permainan Persipura dan Barito Putera tidak mengalami perubahan di babak kedua. Kendati demikian, Persipura mencoba memberi tekanan terlebih dulu demi memecahkan kebuntuan mereka.

Peluang diperoleh Persipura pada menit ke-50. Todd Rivaldo Ferre melepaskan tendangan yang diblok Aditya. Bola muntah mengarah ke pemain pengganti Elisa Basna, tapi sepakannya melayang di atas mistar.

Barito Putera akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan pada menit ke-56 melalui set-piece. Sepak pojok Umanailo berusaha dihalau kepala Ian Louis Kabes, tapi bola mengarah ke Azamat Baimatov yang langsung terbang untuk menyundul bola, dan menjebol gawang Fitrul Dwi Rustapa.

Baca Juga:  PFA Cetak Sejarah Gemilang di Selangor Open Malaysia dan Piala Barati 2024

Persipura yang tersengat dengan gol Barito Putera langsung memberikan respons. Hanya saja, serangan yang dibangun anak asuh Jacksen F Tiago menemui jalan buntu. Di lain sisi, sektor pertahanan Barito Putera juga tampil disiplin.

Empat menit menjelang laga berakhir, Persipura mendapat kesempatan untuk menyamakan kedudukan, tapi tendangan Ferinando Pahabol berhasil ditepis Aditya. Begitu juga dengan sepakan Tatsuya Matsunaga di injury time yang ditepis Aditya sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Laskar Antasari menutup pertandingan. (*)

 

SUMBERGoal.com
Artikel sebelumnyaRelawan Kemanusiaan Korban Kekerasan di Yahukimo Ucapkan Terima kasih Kepada Publik
Artikel berikutnyaMantan Bupati Yalimo Ditetapkan Jadi Tersangka Korupsi Bansos 1 Miliar