BeritaKetua KPU RI Tinjau PSU Yalimo

Ketua KPU RI Tinjau PSU Yalimo

WAMENA, SUARAPAPUA.com— Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) meninjau langsung lokasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) ke-II Pilkada Kabupaten Yalimo. Tinjauan ini dilakukan untuk memastikan berjalannya PSU di Yalimo berdasarkan putusan Mahkama Konstitusi (MK) NO.145/PHP.BUP/XIX/2021 untuk PSU.

Pemantauan itu dilakukan Ketua KPU Pusat bersama KPU Provinsi Papua dan KPU Yalimo.

“Pada hari ini, kami dari KPU RI sebagai penyelenggara juga punya kewajiban terhadap penyelenggaraan pemungutan suara ulang di Kabupaten Yalimo sesuai dengan putusan Makhama Konstiotusi,” kata Ilham Saputra, Ketua KPU Pusat kepada media di Yalimo pekan ini.

“Kami pastikan bahwa semua proses PSU berjalan dengan baik. Kami juga berkali–kali berkoordinasi langsung dengan KPU Propinsi Papua dan KPU Yalimo untuk memastikan bahwa laporan-laporan dari teman-teman KPU Yalimo harus dilaporkan sesuai dengan perundang–undangan,” tegasnya.

Sampai saat ini, kata Ilham, KPU Yalimo telah menjalankan tugas dengan baik atas bantuan para pihak Kapolres Yalimo dan Dandim 1702 Jayawijaya. Termasuk pihak Propinsi Papua serta pusat, sehingga hingga saat ini hanya menjalankan proses PSU dengan baik.

“Jadi proses–proses terkait dengan adanya dugaan–dugaan potensi kecurangan, dugaan–dugaan melanggar kode etik itu suda ada standarnya. Misalnya para calon tidak puas untuk terkait pelanggaran-pelanggaran yang mungkin sengaja ataupun tidak sengaja yang dilakukan teman-teman KPU Yalimo ada Bawaslu. Misalnya jika ada pelanggaran kode etik, silakan untuk melaporkan ke DKPP. Ada proses yang namanya PHP yang bisa dibuat ke Makhama Konstitusi,” tukasnya.

Baca Juga:  Asosiasi West Papua Australia Mendesak Prancis Mendengarkan Suara Rakyat Kanak

Untuk itu ia berharap dan mengajak kepada semua pihak untuk menghargai proses pemungutan suara ulang yang dilakukan, agar tidak lagi terjadi hal-hal yang terjadi sebelumnya, yang mengacu pada konflik horizontal.

Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen mengaku telah melakukan pemantauan di beberapa tempat pemungutan suara bersama KPU RI, KPU Propinsi bersama ibu Bupati Kabupaten Yalimo.

“Proses pemungutan suara inikan sedang berlangsung, kita suda memantau beberapa TPS. Kemudian kita ada beberapa tim, yakni KPU RI, KPU Propinsi dan KPU Yalimo. Jadi hampir semua TPS ini kita suda turun memastikan proses ini berjalan,” ujarnya.

Untuk distrik lain, kata Walianggen, pihaknya telah mendistribusikan logistik dan sorenya telah pastikan bahwa kotak suara telah digeser ke kampung – kampung.

Baca Juga:  Aksi Penghijauan di Grasberg Dalam Rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024

“Itu artinya bahwa proses pemungutan suara ulang hari ini, tetap berjalan sesuai dengan agenda atau jadwal kita,” ucapnya.

 

Pewarta: Onoy Lokobal

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Sikapi Kamtibmas di Yalimo, HMKY dan IMAPA Sampaikan Tuntutan

0
"Mahasiswa Papua dan mahasiswa Yalimo minta aparat harus utamakan pendekatan persuasif dalam upaya pencarian senjata dan amunisi yang dibawa kabur oknum polisi. Saat ini orang tua kami mau hidup dengan tenang," kata Walianggen.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.