Berita500 Personil TNI dan Polri Amankan Berjalannya Pengukuhan Panitia Penyambutan Dewan HAM...

500 Personil TNI dan Polri Amankan Berjalannya Pengukuhan Panitia Penyambutan Dewan HAM PBB

WAMENA, SUARAPAPUA. com— Sebanyak lima ratus anggota TNI dan Polri disiagakan dalam rangka mengamankan pelaksanaan pengukuhan panitia penyambutan Komisaris Tinggi Dewan HAM PBB di tanah Papua yang dilaksanakan di Kantor ULMWP di Wamena, Senin (14/3/2022).

Hal itu disampaikan Kapolres Jayawijaya, AKBP Muhammad Safei di Wamena, Senin (14/3/2022).

“Hari ini, kami TNI dan Polri melakukan patroli bersama untuk mengamankan situasi atas adanya kelompok masyarakat yang mengajukan permohonan untuk berdoa. Jadi, namanya doa semua agama tidak ada yang melarang, sepanjang tidak melanggar koridor-koridor hukum yang berlaku,” terang Kapolres Jayawijaya.

Dengan kegiatan ini, kata Kapolres Jayawijaya, Polri bersama TNI melakukan pengamanan di tempat ibadah ini (kantor ULMWP), kemudian disekitar kota juga pihaknya melakukan patroli untuk pengamanan.

“Dengan harapan terciptanya situasi aman dan terkendali. Karena harapan semua masyarakat yang bermukim di lembah ini, baik itu orang tua maupun anak-anak, situasi ini aman dan terkendali, terutama kegiatan perekonomian masyarakat tersu berjalan.”

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Pertamina Monitor Kesiapan Layanan Avtur di Terminal Sentani

Katanya, personil Polri dan TNI yang disiapkan pihaknya kurang lebih berjumlah 500 personil.

Natalis Wantik, komandan pleton Petapa dari Dewan Adat Papua (DAP) menjelaskan terkait keamanan kota Wamena dijaga bersama oleh kepolisian adat yang ada dengan jumlah personil kurang lebih 50 personil.

“Jadi saat apel tadi pagi, kami hitung 39 anggota, tapi sementara kegiatan berlangsung ini sudah banyak anggota yang bergabung dan langsung ambil bagian. Sehingga diperkirakan suda 50an anggota Petapa yang sedang siap,” ujarnya.

Baca Juga:  Panglima TNI dan Negara Diminta Bertanggung Jawab Atas Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

 

Pewarta: Onoy Lokobal

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Jurnalis Senior Ini Resmi Menjabat Komisaris PT KBI

0
Kendati sibuk dengan jabatan komisaris BUMN, dunia jurnalistik dan teater tak pernah benar-benar ia tinggalkan. Hingga kini, ia tetap berkontribusi sebagai penulis buku dan penulis artikel di berbagai platform media online.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.