BeritaOlahragaBula Boys Kalahkan Kaledonia Baru, dan PNG Menelan Pil Pahit The All...

Bula Boys Kalahkan Kaledonia Baru, dan PNG Menelan Pil Pahit The All Whites

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Dua gol Sairusi Nalaubu membuat Fiji mengalahkan Kaledonia Baru 2-1 dalam pertemuan di Kualifikasi Piala Dunia Oseania Qatar 2022 pada Sabtu, 19/3/2022).

Nalaubu menaungi rekan setim sekaligus kaptennya, Roy Krishna yang baru tiba di Doha 24 jam sebelum pertandingan. Krishna bermain di klub dengan Mohun Bagan di liga top India.

Nalaubu mencetak gol pada menit ke-11 babak pertama ketika striker Lautoka FC itu mengumpannya dari tepi kotak penalti sebelum ia melakukan sentuhan untuk melewati kiper Kaledonia Baru dan menyelesaikannya dengan satu gol.

Dalam pertandingan pembukaan pada 45 menit di Stadion Suheim bin Hamad, lebih banyak boleh dan sesering mungkin bergerak dari ujung ke ujung. Dalam pertandingan ini, banyak peluang tercipta, namun hanya satu gol yang disahilkan.

Baca Juga:  PFA Cetak Sejarah Gemilang di Selangor Open Malaysia dan Piala Barati 2024

Lima belas menit memasuki babak kedua, Cedrc Decoire dari Kaldonia Baru mencetak gol, namun gol tersebut dianulir offside.

Namun demikian, pada menit ke -78, Kaledonia Baru akhirnya menyamakan kedudukan di papan skor ketika Jordan Wetria, menyundul umpan silang dari pemain pengganti Richard Sele.

Pertandingan antara Timnas Fiji dan New Caledonia itu berlangsung sangat sengit dengan jual beli serangan.

Di waktu tersisa satu menit dalam waktu normal, Krishna mengirim tendangan bebas ke dalam kotak finalti dan disambut Nalaubu mencetak gol kedua, yang mengantarkan Fiji unggul satu gol dari New Caledonia Baru.

Satu gol Kaledonia Baru dicetak oleh Yordania Wetria di menit ke 78, sementara dua gol Fiji dicetak oleh Sairusi Nalaubu pada menit ke 11 dan 89.

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

Fiji saat ini berada di peringkat 162 FIFA, sementara Kaledonia Baru menembapti peringkat 153.

Pertandingan lain, Selandia Baru mencatat kemenangan atas PNG

Aksi Andre de Jong untuk The All Whites saat melawan Papua New Guinea di Doha Qatar. (PHOTOSPORT)

All Whites, julukan Timnas Selandia Baru juga memulai awal yang baik di kualifikasi Oseania dengan kemenangan 1-0 atas Papua Nugini dalam pertandingan pembuka di stadion yang sama.

Dua pertandingan antara New Caledonia melawan Fiji dan PNG melawan New Zealand berlangsung di Stadion Suheim bin Hamad Doha Qatar, yang merupakan homebase dari Qatar SC, salah satu club di Qatar.

Pemain pengganti Ben Waine mencetak gol kemenangan dalam pertandingan internasional senior pertamanya dari tendangan bebas pada menit ke-75.

Baca Juga:  Kunjungan Paus ke PNG Ditunda Hingga September 2024

Pemain Wellington Phoenix New Zealand itu baru berada di lapangan kurang dari 10 menit ketika dia mencetak gol dari jarak dekat.

Papua Nugini tidak memainkan pertandingan internasional sejak 2019, sedangkan All Whites terakhir bermain pada Januari 2022.

Kapuls julukan Timnas PNG berada di peringkat 165 pada peringkat FIFA, lebih dari 50 tempat di bawah Selandia Baru yang berada di posisi 111 FIFA.

Klasemen sementara kualifikasi piala dunia Qatar 2022 untuk Oceania. (Dok. SP)

Selandia Baru memiliki beberapa peluang untuk mencetak gol di akhir pertandingan tetapi tidak bisa dikonversi dengan baik, karena ketatnya pertahanan belakang pemain Kapuls PNG.

Fiji dan Selandia Baru akan berhadapan pada Selasa mendatang.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

DKPP Periksa Dua Komisioner KPU Yahukimo Atas Dugaan Pelanggaran KEPP

0
“Aksi ini untuk mendukung sidang DKPP atas pengaduan Gerats Nepsan selaku peserta seleksi anggota KPU Yahukimo yang haknya dirugikan oleh Timsel pada tahun 2023. Dari semua tahapan pemilihan komisioner KPU hingga kinerjanya kami menilai tidak netral, sehingga kami yang peduli dengan demokrasi melakukan aksi di sini. Kami berharap ada putusan yang adil agar Pilkada besok diselenggarakan oleh komisioner yang netral,” kata Senat Worone Busub, koordinator lapangan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.