Nasional & Dunia900 Pasukan TNI AD Dikirim ke Papua

900 Pasukan TNI AD Dikirim ke Papua

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Untung Budiharto telah memberangkatkan 450 prajurit TNI AD dari satuan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning Brigif Mekanis 1 PIK/JS ke Papua.

Pasukan TNI AD yang dikenal dengan julukan Batalyon Kuda Putih itu dilepas dengan upacara pemberangkatan yang digelar pada hari Minggu, 5 Juni 2022 di Lapangan Sewindu, Tangerang. Prajrurit tempur TNI Angkatan Darat itu berangkat ke Papua dipimpin langsung Komandan Yonif Mekanis 203/AK Mayor Inf Ahmad Zaki.

Sebagaimana dikutib dari viva.co.id, Pasukan tersebut akan bertugas di Papua selama satu tahun. “Laksanakan tugas dengan penuh keikhlasan serta rangkulah, bagunlah komunikasi, dan rebut hati semua lapisan masyarakat Papua,” kata Pangdam Jaya, Mayjen TNI Untung Budiharto

Baca Juga:  PBB Memperingatkan Dunia yang Sedang Melupakan Konflik Meningkat di RDK dan Rwanda

“Kerugian materil maupun personel diharapkan tidak terjadi di daerah operasi, yang pada umumnya disebabkan karena ketidak disiplinan prajurit,” ujar Pangdam.

Tempat terpisah, Tentara Nasional Indonesia telah memberangkatkan satu batalyon pasukan penghancur milik Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad). Pasukan berkualifikasi Raider yang didikirim TNI ke Papua ialah dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 321/Galuh Taruna, Brigade Infanteri 13/Galuh, Divisi Infanteri 1/Kostrad.

Sebanyak 450 prajurit TNI Yonif Raider 321/GT Kostrad diberangkatkan dari markas mereka di Majalengka, Jawa Barat, untuk melaksanakan operasi dalam Satuan Tugas Organik Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih.

Baca Juga:  Paus Fransiskus Segera Kunjungi Indonesia, Pemerintah Siap Sambut

Pasukan Yonif R 321/GT Kostrad diberangkatkan ke Papua dengan menggunakan Kapal Perang TNI Angkatan Laut, KRI Teluk Palu-523 dari dermaga Markas Komando Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sebelum bergerak ke Papua, pasukan Yonif Raider 312/GT terlebih dahulu melaksanakan tradisi khusus. Berdasarkan siaran resmi Yonif Raider 312/GT, tradisi itu sebagai tanda bahwa pasukan telah siap lahir batin untuk menjalankan penugasan.

Dalam waktu sepekan, TNI AD Telah Mengirim 900 Pasukan ke Papua

Dalam waktu sehari, pada 6 Juni 2022, TNI AD telah mengirim 900 pasukan TNI ke Papua dalam menjalankan tugas operasi di Papua.

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

Mulai dari 450 prajurit TNI AD dari satuan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning Brigif Makanis 1 PIK/JS, dan 450 prajurit TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 321/Galuh Taruna 13/Galuh. Divisi Infanteri 1/Kontrad dari Majalengka, Jawa Barat.

Namun dari pengalaman yang ada, dari banyaknya pasukan TNI yang dikirim ke Papua dalam rangka operasi pengamanan perbatasan hingga operasi teritorial, kondisi Papua tidak lebih baik. Malah semakin hari kondisinya terus memburuk.

Mulai dari banyaknya konflik, pengungsi yang tidak terelakan, hingga banyaknya korban jiwa.

 

RADAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Simamora: Penting Mengajar Anak, Tetapi Juga Pembentukan Karakter

0
"Praktekan penerapan displin positif yang telah dipelajari terhadap anak-anak. Hadapi anak-anak dulu dengan sekarang berbeda maka pendekatan pun berbeda. Contohnya, jika anak terlambat masuk sekolah, jangan langsung suruh pulang."

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.