BeritaBarnabas Suebu Akhirnya Bebas Usai Jalani Hukuman

Barnabas Suebu Akhirnya Bebas Usai Jalani Hukuman

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Barnabas Suebu, mantan gubernur Papua periode 2006-2011, akhirnya ‘out’ dari penjara setelah menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat.

Barnabas Suebu yang juga mantan gubernur Irian Jaya periode 1988-1993 itu dibebaskan pada hari Minggu (17/7/2022).

Semasa memimpin provinsi paling timur Indonesia yang sangat terkenal dengan program “Turdes” (turun desa) itu dibebaskan setelah menjalani hukuman selama 7,5 tahun kurungan badan.

Baca Juga:  Hujan di Sorong, Ruas Jalan dan Pemukiman Warga Tergenang Air

Tokoh Papua kelahiran 29 April 1946 itu ditahan gara-gara kasus dugaan korupsi dana senilai Rp43 Miliar dalam program pembangunan pembangkit listrik tenaga air di provinsi Papua tahun anggaran 2009/2010.

Upaya Peninjauan Kembali (PK) yang dilakukan ke Mahkamah Agung (MA) tidak dikabulkan. Barnabas Suebu harus menghuni hotel prodeo hingga kemarin dibebaskan.

“Beliau sudah bebas bersyarat,” kata Rika Apriyanti, Humas Direktorat Jenderal Imigrasi, Senin (18/7/2022), dilansir Kompas.com.

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Pertamina Monitor Kesiapan Layanan Avtur di Terminal Sentani

Pengertian bebas bersyarat jelas Rika, statusnya masih dibawah pengawasan dan baru akan bebas murni pada tanggal 27 Februari 2023.

Keluarga dan sanak famili langsung menyambutnya begitu keluar dari dalam Lapas Sukamiskin.

Dipeluk tangisan salah satu anaknya usai Barnabas Suebu keluar dari Lapas Klas 1 Sukamiskin, Kota Bandung. (Ist)

Dari video dan foto saat penjemputan, Barnabas Suebu tampak masih segar badannya. Senyum khasnya terlihat tidak berubah dari sebelumnya.

Sambil derai air mata, anak-anaknya memeluk sang ayah setelah sekian lama hidup berpisah.

Baca Juga:  Peringatan IWD Menjadi Alarm Pergerakan Perempuan Kawal Segala Bentuk Diskriminasi Gender

Begitupun beberapa kerabat terdekat, termasuk Izak Hikoyabi, mantan Komisioner KPU Papua, turut menjemputnya hingga tiba di kediamannnya di Bintaro, Tangerang Selatan.

Mantan gubernur Papua yang dijuluki ‘Bapak Pembangunan’ itu disambut haru dan isak tangis anak-anak, cucu-cucu, juga istrinya, Maryam S Tokoro. Kini Bas Suebu bersama keluarga dan handai taulan tinggal di kediamannya.

 

REDAKSI

 

Terkini

Populer Minggu Ini:

PBB Memperingatkan Dunia yang Sedang Melupakan Konflik Meningkat di RDK dan...

0
"Rwanda melihat FDLR sebagai ancaman besar bagi keamanannya. Tentara Kongo berkolaborasi dengan FDLR, yang membuat Kigali marah,” kata Titeca.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.