306 Peserta Panwas Distrik di Yahukimo Ikut Tes Wawancara

0
793

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Yahukimo melakukan perekrutan Panwas distrik dan melakukan tes wawancara terhadap 306 peserta yang akan menetapkan 153 peserta untuk 51 distrik.

Sepius Mirin, Ketua Bawaslu Kabupaten Yahukimo mengatakan  ratusan peserta terkumpul persyaratan namun Bawaslu seleksi dari tahap pemberkasan, tes tertulis kini berada tes wawancara.

“Kami Bawaslu lakukan rekrutmen Panwas mulai dari bulan lalu dan kemarin pada tahap tes wawancara kemudian kami dalam proses periksa hasilnya,” kata Mirin saat ditemui wartawan suarapapua.com. senin, 24/10/2022 di Kantor Bawaslu Kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  Seruan dan Himbauan ULMWP, Markus Haluk: Tidak Benar!

Lanjut dia, peserta yang dinyatakan lulus wawancara akan diumumkan tanggal 26 oktober 2022 sesuai jadwal nasional.

“Hasil wawancara itu akan umumkan pada tanggal 26 oktober 2022 serentak di seluruh Indonesia,” jelasnya.

ads

Jhony Hesegem, Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawalsu Kabupaten Yahukimo mengatakan dari tahapan perekrutan itu terdapat sebagian anggota Partai Politik untuk itu pihaknya sedang verifikasi.

Baca Juga:  Forum Peduli Demokrasi Kabupaten Yahukimo Desak Pemilu di Dekai Diulang

“Kami sedang lakukan verifikasi dua hal. Tanggapan dan masukan masyarakat jumlah anggota panwas yang sudah tes. berikutnya  verifikasi keanggotaan di salah satu Partai,” katanya.

Dia berharap setiap pengurus Partai untuk dapat dikeluarkan dari sipol bagi peserta yang dinyatakan ikut seleksi anggota panwas Distrik agar peserta tes panwas menentukan pilihan masing-masing.

“Jika mereka (peserta tes) berkomitmen terlibat dalam panwas maka pengurus partai dimohon keluarkan dari partai maka mereka yang masuk di sipol itu dinonsipolkan sehingga mereka itu bisa menentukan masa depan sendiri itu ingin masuk panwaslu bahkan PPD,” katanya.

Baca Juga:  20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

Setelah semua selesai diperiksa, tanggal 26 oktober akan lakukan pengumuman. tanggal 28 Oktober 2022 Bawaslu akan lakukan pelantikan bagi calon panwas distrik yang lolos dan Selanjutnya akan pembinaan.

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaAMAN Sorong Raya Ajak Masyarakat Adat Papua Tolak Seluruh Investasi
Artikel berikutnyaDPD Perindo Yahukimo Mengapresiasi Proses Verifikasi Parpol