PasifikDanielle, Artis PNG Dengan Lagunya Fight Tentang West Papua Memenangkan Pacific Break...

Danielle, Artis PNG Dengan Lagunya Fight Tentang West Papua Memenangkan Pacific Break 2022

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Artis Papua Nugini yang bernama Danielle telah merebut hadiah utama dalam kompetisi Pacific Break 2022 dengan lagunya yang berjudul Fight [lawan]. Yang mana melalui lagunya itu mencatat sebuah sejarah sebagai pemenang perempuan pertama dari kompetisi musik terbesar di Pasifik itu.

Artis yang berbasis di Port Moresby ini muncul sebagai pemenang dari hampir 200 peserta dari 15 negara Pasifik dan akan tampil di WOMADelaide, festival musik internasional terbesar di Australia, pada bulan Maret 2023.

Setelah mengetahui kemenangannya, Danielle mengatakan bahwa dia merasa terhormat dan senang. “Ada begitu banyak waktu ketika saya berpikir, ‘Apa gunanya melakukan ini?’ karena saya terus terbentur dan terhambat dan mendapatkan banyak kritik karena saya seorang ibu dan saya seorang gadis yang besar,” kata Daniel sebagaimana dilansir dari ABC Internasional Australia.

Baca Juga:  KBRI dan Universitas Nasional Fiji Gelar Seminar Perspektif Kolaborasi yang Lebih Dekat

Daniella menang usai tim juri tahun ini terdiri dari para produser dan pakar musik terkemuka di Pasifik dan internasional dengan suara bulat memberikan penghargaan kepada Danielle dengan judul lagu, Fight.

Lagu tersebut menceritakan tentang kisah perjuangan orang Papua Barat yang sedang berjuang di tanah Papua untuk menuntut kemerdekaan. Lagu ini tergabung dari dua lirik bahasa Inggris dan Tok Pisin.

Screenshot judul lagu Fight dari ABC Australia. (ABC)

Lagu kedua Danielle yang dikirimkan ke kompetisi ini, Let Me Love You, juga sangat dipuji oleh panel juri yang terdiri dari ahli etnomusikologi Kepulauan Pasifik dan pendiri Pacific Island Creative Arts Australia, Rita Seumanutafa-Palala, manajer artis dan produser Kera Whewell, Associate Director WOMADelaide Annette Tripodi dan musisi serta produser Brendan Marolla.

Baca Juga:  Bainimarama dan Qiliho Kembali Ke Pengadilan Tinggi Dalam Banding Kasus Korupsi

Menurut Whewell, “Nada vokal Danielle, pengalaman dan kehadirannya di atas panggung, termasuk karisma serta hubungannya yang membanggakan dengan warisan budayanya, termasuk keberaniannya mewakili wanita Pasifik dalam musik menjadikannya pemenang yang menonjol untuk kompetisi tahun ini.”

Tripodi menambahkan, “Meskipun para juri sepakat dalam keputusan kami, itu bukanlah tugas yang mudah mengingat kaliber yang sangat baik dan keragaman entri tahun ini. Keaslian Danielle dan pengungkapan kebenaran yang tulus sangat kuat dan saya tahu dia akan diterima dengan sangat baik oleh para penggemar di WOMADelaide.”

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

Selain Daniella, ada sejumlah finalis untuk Pacific Break tahun 2022 dari Pasifik, yaitu Inside Out (Fiji) Yadra Mai, Bibao (Solomon Islands) Blow My Mind, I NU (New Caledonia), Pi Tronia (My Coconut Tree), Jugu Mahn (PNG), Ugamagi Walona, KY MO, (Federated States of Micronesia), Upwe Uwe Tori Mwuchun Manawei, Edy Ramos (Timor-Leste), Fuan Timor (Timor Is My Heart), Smogg and Lizzie (PNG), Smile, Rockye (PNG), This Is My Time, Sacha Terrat (New Caledonia), Silver Chains, Rhee Gial (PNG), Unnamed track, dan O-Four (PNG), Fire.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Siswa SMKN 1 Paniai Lulus Dengan Nilai Memuaskan, Kepsek: Kami Bangga

0
"Sesuai dengan visi sekolah ini 'menciptakan manusia yang produktif', saya harap anak-anak yang sudah lulus ini dapat terus lanjut pendidikan. Tidak boleh putus, pokoknya harus lanjut supaya jadi manusia yang produktif. Bisa ciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan dapat bersaing dalam dunia kerja," harapnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.