Nasional & DuniaVictor Yeimo: Tidak Boleh Lagi Ada Rasisme di Papua!

Victor Yeimo: Tidak Boleh Lagi Ada Rasisme di Papua!

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Victor Yeimo meminta dukungan semua orang yang ada di Papua dan di dunia internasional yang melawan rasisme untuk mendukung sidang yang sedang dijalaninya di Pengadilan Negeri (PN) Jayapura, Papua.

Victor Yeimo sampaikan hal itu usai menghadiri sidang lanjutan dengan agenda pembacaan eksepsi oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Selasa (17/1/2023) siang di PN Jayapura.

Baca Juga:  Perda Pengakuan dan Perlindungan MHA di PBD Belum Diterapkan

Yeimo tegaskan, rasisme itu kejahatan kemanusiaan luar biasa yang hingga kini masih menjadi musuh bersama di seluruh dunia.

“Rasisme itu kejahatan kemanusiaan. Kejahatan luar biasa. Extra ordinary-crimes. Saya butuh dukungan semua orang yang melawan rasisme harus mendukung sidang ini,” ujarnya.

Sebagai satu bentuk kejahatan kemanusiaan luar biasa, kata Victor Yeimo, semua pihak di Papua dan dunia harus tegas lawan rasisme.

Baca Juga:  Tragedi Penembakan Massa Aksi di Dekai 15 Maret 2022 Diminta Diungkap

“Kita perangi rasisme bersama-sama. Tidak boleh ada rasis di Papua. Tidak boleh ada rasis di seluruh dunia,” tegas Yeimo.

Victor Yeimo, juru bicara internasional Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ditangkap aparat keamanan di Tanah Hitam, Abepura, kota Jayapura, pada tanggal 9 Mei 2021. Sebelumnya, ia dituduh melakukan tindak pidana makar atas dasar orasi dan partisipasinya dalam aksi demo damai anti-rasisme di kota Jayapura, 19 Agustus 2019.

Baca Juga:  Velix Vernando Wanggai Pimpin Asosiasi Kepala Daerah se-Tanah Papua

Meskipun ditangkap tidak sesuai prosedur, Victor Yeimo hingga kini masih menjalani proses persidangan dengan sttaus terdakwa.

Sejak pekan lalu selepas menjalani sidang eksepsi, ia ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Abepura.

Pewarta: Agus Pabika
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hari Konsumen Nasional 2024, Pertamina PNR Papua Maluku Tebar Promo Istimewa...

0
“Kami coba terus untuk mengedukasi masyarakat, termasuk para konsumen setia SPBU agar mengenal Pertamina, salah satunya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran non tunai dalam setiap transaksi BBM,” jelas Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.