PartnersPemeriksaan Terhadap Mantan Jaksa Agung Fiji Ditangguhkan

Pemeriksaan Terhadap Mantan Jaksa Agung Fiji Ditangguhkan

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Wawancara polisi terhadap Sekretaris Jenderal Partai FijiFirst dan mantan Jaksa Agung Aiyaz Sayed-Khaiyum dilaporkan telah ditangguhkan.

FBC News melaporkan bahwa wawancara dengan Sayed-Khaiyum akan dilanjutkan.

Aiyaz Sayed-Khaiyum merupakan Jaksa Agung pada masa jabatan PM Frank Bainamarama.

Kepala Intelijen dan Investigasi Kepolisian, Surend Sami, mengatakan kepada penyiar bahwa penangguhan tersebut untuk memungkinkan para penyelidik memverifikasi isu-isu dan informasi yang dikumpulkan selama pemeriksaan.

FijiVillage melaporkan bahwa ada putaran kedua interogasi yang direncanakan dilakukan pada Selasa.

Menteri Pedesaan, Pembangunan Maritim dan Manajemen Bencana, Sakiasi Ditoka, telah mengajukan pengaduan terhadap Sayed-Khaiyum pada tanggal 22 Desember 2022.Karena diduga menghasut kebencian rasial dan kekerasan dalam sebuah konferensi media di Suva sebelum pemerintahan koalisi terbentuk.

Baca Juga:  Gereja Pasifik Desak MSG Keluarkan Indonesia Jika Tidak Memfasilitasi Komisi HAM PBB Ke Papua

Dalam konferensi tersebut, Sayed-Khaiyum telah mengklaim adanya insiden pelemparan batu yang disorot oleh Polisi dan mengatakan bahwa hal ini menunjukkan karakter memecah belah Pemimpin Aliansi Rakyat, Sitiveni Rabuka, yang kini menjabat sebagai Perdana Menteri.

Presiden diminta tidak mengambil nasihat hukum dari Partai FijiFirst
Jaksa Agung Fiji saat ini, Siromi Turaga, telah mengatakan kepada Presiden bahwa ia tidak boleh menerima nasihat hukum dari mantan Jaksa Agung, mantan Perdana Menteri atau dari Partai FijiFirst yang beroposisi.

Baca Juga:  Negara Mengajukan Banding Atas Vonis Frank Bainimarama dan Sitiveni Qiliho

Fiji Village melaporkan Turaga mengatakan bahwa ia memberi pengarahan kepada Presiden Wiliame Katonivere bahwa ia hanya boleh menerima pendapat hukum dari Kejaksaan Agung.

Dia mengatakan tidak ada firma hukum lain yang boleh memberi nasihat tentang hal-hal lain, dan jika dia ragu, Kamar Jaksa Agung dapat membantu Presiden.

Turaga mengatakan bahwa menurut Konstitusi dan hukum, setiap masalah yang berhubungan dengan urusan pemerintahan harus ditangani oleh pemerintah koalisi dan kepala pemerintahan, Sitiveni Rabuka.

Pengaduan diajukan terhadap mantan Perdana Menteri
Seorang aktivis Hak Asasi Manusia telah mengajukan pengaduan terhadap pemimpin FijiFirst, Frank Bainimarama.

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

FBC News melaporkan bahwa Surend Sami mengkonfirmasi pengaduan tersebut terkait dengan pernyataan yang dibuat dalam video langsung di Page Facebook FijiFirst pada tanggal 1 dan 4 Januari 2023.

Dalam pengaduannya, Shamima Ali menuduh bahwa pernyataan Bainimarama dimaksudkan untuk menimbulkan kekhawatiran, kecemasan, ketidakpuasan publik dan dibuat dengan niat jahat.

Sami mengatakan bahwa penyelidikan kini telah diambil alih oleh Departemen Investigasi Kriminal.

Presiden Fiji Ratu Wiliame Katonivere akan secara resmi membuka Parlemen pada hari Jumat, 3 Februari 2023.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Penghargaan Musik di Eropa untuk Black Brothers

0
Mereka memadukan alat musik tradisional dengan instrumen Barat. Personil Sangguma berjumlah tujuh orang dengan dua kreatornya Tony Subam (East Sepik Province) dan Sebastian Miyoni (Milne Bay Province).

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.