PasifikSelandia Baru dan Prancis Mengirimkan Bantuan Topan Ke Vanuatu

Selandia Baru dan Prancis Mengirimkan Bantuan Topan Ke Vanuatu

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Selandia Baru mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Vanuatu setelah negara itu dihantam dua topan dalam waktu beberapa hari terakhir ini. Topan yang melanda Vanuatu adalah Judy dan Kevin.

Menteri Luar negeri Selandia Baru Nanaia Mahuta mengumumkan keberangkatan pesawat Hercules C-130 Angkatan Udara Selandia Baru dari Whenuapai pagi ini, membawa wadah air, perlengkapan tempat tinggal sementara dan paket kebersihan keluarga.

“Topan Judy dan Kevin merusak rumah, mata pencaharian, infrastruktur dan menyebabkan terputusnya komunikasi di beberapa daerah. Tingkat penuh dari dampak topan masih harus dinilai,” kata Mahuta.

Baca Juga:  Bainimarama dan Qiliho Kembali Ke Pengadilan Tinggi Dalam Banding Kasus Korupsi

Ia juga mengumumkan pengerahan tujuh anggota tim ahli manajemen bencana untuk membantu respons, termasuk anggota dari tim Pencarian dan Penyelamatan Perkotaan Kebakaran dan Darurat Selandia Baru, Pasukan Pertahanan Selandia Baru, dan MFAT.

“Paket bantuan awal ini mencakup kontribusi keuangan sebesar $150.000 untuk memungkinkan Komisi Tinggi Selandia Baru merespons dengan cepat permintaan dari Pemerintah Vanuatu,” tambahnya. “Whānau di Vanuatu sangat memikirkan kami.”

Namun tanggapan Vanuatu tidak akan mempengaruhi tanggapan dan pemulihan Topan Gabrielle di Aotearoa, yang “tetap menjadi prioritas utama kami”, kata Mahuta.

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

Dia menambahkan bahwa Pemerintah Selandia Baru bekerja sama dengan Vanuatu, serta Prancis dan Australia, dalam tanggapan pemulihannya.

“Kami memiliki pengalaman langsung tentang tantangan yang akan dihadapi Vanuatu dalam beberapa hari dan minggu mendatang, dan mengamati situasinya dengan cermat.

“Kami akan terus bekerja sama dengan mitra kami dan menanggapi permintaan bantuan dari Pemerintah Vanuatu di mana pun kami bisa,” kata Mahuta.

Selain Pemerintah Selandia Baru, Pemerintah Prancis juga mengirimkan bala bantua pasca topan Judy dan Kevin di Vanuatu beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  FIFA Akan Mempromosikan Hubungan 'non-partisan, non-politik' Antara Fiji dan Indonesia

Bantuan yang dikirim Prancis berupa pengerahan pasukan militer gabungan dan pertahanan sipil.

Tim dari Prancis tiba pagi ini dengan peralatan lengkap. Misi mereka fokus pada pembersihan jalan, sanitasi air dan membantu respons medis.

 

Editor Elisa Sekenyap
Sumber: 1news.co.nz

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ini Keputusan Berbagai Pihak Mengatasi Pertikaian Dua Kelompok Massa di Nabire

0
Pemerintah daerah sigap merespons kasus pertikaian dua kelompok massa di Wadio kampung Gerbang Sadu, distrik Nabire, Papua Tengah, yang terjadi akhir pekan lalu, dengan menggelar pertemuan dihadiri berbagai pihak terkait di aula Wicaksana Laghawa Mapolres Nabire, Senin (29/4/2024) sore.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.