PartnersFIFA Akan Mempromosikan Hubungan 'non-partisan, non-politik' Antara Fiji dan Indonesia

FIFA Akan Mempromosikan Hubungan ‘non-partisan, non-politik’ Antara Fiji dan Indonesia

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pemerintah Fiji dan Indonesia telah mengambil langkah lain untuk meningkatkan kerja sama setelah meluncurkan Asosiasi Persahabatan Fiji-Indonesia (FIFA) untuk menandai lima dekade hubungan diplomatik.

Presiden Fiji Ratu Wiliame Katonivere meluncurkan FIFA di Suva pada hari Selasa, dengan mengatakan bahwa asosiasi ini akan “memperkuat aliansi antara kedua negara,” sebagaimana disiarkan RNZ Pacific.

Fiji dan Indonesia memulai hubungan diplomatik mereka pada tahun 1974.

Baca Juga:  Prancis Mendukung Aturan Pemilihan Umum Baru Untuk Kaledonia Baru

Ratu Katonivere Fiji memiliki hubungan diplomatik dengan sejumlah negara, yang sangat penting untuk membina kerja sama internasional, mempromosikan perdamaian dan stabilitas, dan memajukan kepentingan bersama.

“Republik Fiji dan Republik Indonesia memiliki hubungan timbal balik dalam hal etnis, bahasa, budaya, dan tujuan pembangunan bersama,” katanya.

“Upaya yang lebih tinggi ini [FIFA] akan semakin mempererat hubungan yang sudah ada yang akan melepaskan kemampuan bersama untuk bekerja sama demi kepentingan bersama, serta menghubungkan wilayah Asia Tenggara dengan Negara-negara Kepulauan Kecil Berkembang seperti Fiji.

Baca Juga:  Diperkirakan Akan Ada Banyak Demonstrasi di Kaledonia Baru

“Platform FIFA akan secara eksklusif digerakkan oleh Asosiasi, mempromosikan hubungan yang bersahabat non-partisan dan non-politik antara masyarakat Republik Fiji dan Republik Indonesia.”

Dia mengatakan FIFA mendorong pertukaran pandangan tentang hal-hal yang menjadi kepentingan bersama antara kedua negara, memberikan rekomendasi kepada pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, serta melaksanakan program dan kegiatan yang telah disepakati.

Baca Juga:  MSG Sedang Mengerjakan Kerangka untuk Merampingkan Perdagangan Lintas Batas

“Asosiasi Persahabatan Fiji-Indonesia menyambut baik kolaborasi dan dukungan dari pemerintah, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta, cendekiawan, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan terkait,” tambahnya.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Dukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

0
“Untuk distrik Tomosiga, perekaman akan dipusatkan di Kampung Bigasiga. Sedangkan untuk Ugimba akan dilakukan di Ugimba jika memungkinkan. Lalu distrik Homeyo perekaman data penduduk akan dilakukan di Kampung Jombandoga dan Kampung Maya,” kata Nambagani.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.