Tanah PapuaMamtaHadapi Kenaikan Trafik Mudik Lebaran 1444 H, Bandara Sentani Buka Posko

Hadapi Kenaikan Trafik Mudik Lebaran 1444 H, Bandara Sentani Buka Posko

SENTANI, SUARAPAPUA.com — PT Angkasa Pura I Bandar Udara Sentani memastikan kesiapannya menghadapi kenaikan trafik penumpang dan penerbangan pada masa mudik Lebaran 2023 (1444 H).

Surya Eka, Stakeholder Relation Manager Bandara Sentani, menjelaskan, untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan penumpang maupun pesawat selama musim mudik Lebaran tahun ini, pihaknya siap melayani para penumpang lebih baik dengan salah satunya membuka posko angkutan Lebaran 2023.

“Kami berharap dapat melayani para penumpang lebih baik, salah satunya manajemen membuka posko angkutan Lebaran 2023 (1444 H). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan penumpang maupun pesawat selama musim mudik Lebaran tahun ini,” kata Surya Eka dalam rilisnya, Jumat (14/4/2023).

Untuk persiapan arus mudik lebaran, Bandara Sentani membuka posko terpadu terdiri dari seluruh stakeholder terkait baik dari Otoritas Bandara, Airnav, maskapai, Karantina, dan TNI/Polri.

“Bandara Sentani mempersiapkan peralatan dan sumber daya yang dibutuhkan dan infrastruktur yang mungkin nantinya diperlukan untuk mendukung naiknya trafik menjelang libur lebaran,” jelasnya.

Baca Juga:  Generasi Penerus Masa Depan Papua Wajib Membekali Diri

Posko Angkutan Udara Hari Raya Idul Fitri 2023 dibuka hari Kamis (13/4/2023) kemarin. Kata Eka, posko dibuka selama 19 hari hingga 2 Mei 2023.

Dibeberkan, jika dilihat dari data trafik kemarin, Bandara Sentani melayani 4.363 penumpang, naik 22% bila dibanding tahun lalu yang terdiri dari 2.206 kedatangan dan 2.157 keberangkatan.

“Untuk data trafik penerbangan pada periode bulan April ini, rata-rata penumpang masih di angka 3,500 penumpang per hari, dimana pada total trafik periode bulan April sampai tanggal 12 April 2023, Bandara Sentani melayani 42.078 penumpang. Jika dibandingkan dengan periode tahun lalu, maka trafik penumpang turun -13% yakni sebanyak 48.190 penumpang,” rincinya.

Sedangkan untuk pesawat pada bulan ini, Bandara Sentani telah melayani 1.197 penerbangan atau turun -19% dibanding tahun lalu yakni 1.484 penerbangan. Untuk kargo, Bandara Sentani turun -17% yakni di angka 2.879.613 kg dibanding tahun lalu 3.450.045 kg.

Baca Juga:  Festival Angkat Sampah di Lembah Emereuw, Bentuk Kritik Terhadap Pemerintah

“Angkasa Pura I Bandara Sentani memprediksi trafik penumpang tumbuh satu koma lima persen (1,5%) dibanding periode mudik tahun lalu. Sementara untuk pergerakan pesawat diperkirakan tumbuh satu koma dua persen (1,2%) dengan prediksi puncak kepadatan arus mudik pada arus mudik terjadi pada H-4 lebaran yaitu pada Selasa 18 April 2023. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+4 yaitu pada Rabu 26 April 2023,” urai Eka.

Dijelaskan lagi, managemen Bandara Sentani telah berkoordinasi dengan pihak maskapai terkait dengan penambahan extra flight untuk rute-rute tertentu dan waktunya. Tetapi saat ini untuk extra flight masih belum ada penambahan baik untuk penerbangan intra Papua dan keluar Papua.

“Kita juga minta kepada seluruh penumpang untuk melakukan pembelian tiket dari jauh-jauh hari,” harapnya.

Baca Juga:  Seruan dan Himbauan ULMWP, Markus Haluk: Tidak Benar!

Selain itu juga melakukan check in secara online, sebelum keberangkatan.

“Bagi pemudik disarankan lebih awal agar tidak terjadi penumpukkan di hari-hari padat mendekati hari lebaran.”

Sebagai informasi, untuk syarat naik pesawat belum ada perubahan yang berarti dari aturan sebelumnya. Dimana peraturan masih Edaran Kementerian Perhubungan nomor 82 tahun 2022 masih berlaku, tetapi nama aplikasinya saja yang diganti menjadi aplikasi SatuSehat berdasarkan adendum SE tersebut.

Dimana pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksin dosis ketiga (booster) yang ditunjukkan melalui aplikasi SatuSehat.
Sedangkan untuk PPDN dengan usia 6-17 tahun wajib telah mendapatkan vaksin dosis kedua.

“Kami ingatkan kepada penumpang selalu berkoordinasi dengan pihak maskapai yang akan digunakan terkait persyaratan dalam penerbangan tersebut.”

Pewarta: Yance Wenda
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

DKPP Periksa Dua Komisioner KPU Yahukimo Atas Dugaan Pelanggaran KEPP

0
“Aksi ini untuk mendukung sidang DKPP atas pengaduan Gerats Nepsan selaku peserta seleksi anggota KPU Yahukimo yang haknya dirugikan oleh Timsel pada tahun 2023. Dari semua tahapan pemilihan komisioner KPU hingga kinerjanya kami menilai tidak netral, sehingga kami yang peduli dengan demokrasi melakukan aksi di sini. Kami berharap ada putusan yang adil agar Pilkada besok diselenggarakan oleh komisioner yang netral,” kata Senat Worone Busub, koordinator lapangan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.