BeritaIni Video Terbaru Pilot Susi Air di Nduga: Saya Masih Hidup!

Ini Video Terbaru Pilot Susi Air di Nduga: Saya Masih Hidup!

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Senin (24/4/2023), Captain Phillips Mark Mehrtens, pilot Susi Air yang masih ditawan kelompok Egianus Kogeya di wilayah kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, tampil pertama kalinya ke publik semenjak terakhir bicara lewat video beberapa waktu lalu.

Dalam video terbaru, pilot berkebangsaaan Selandia Baru itu memberikan pernyataan kepada publik.

Ia berbicara tentang kondisi yang dialaminya selama hampir tiga bulan bersama kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM) di rimba Ndugama.

Baca Juga:  PMKRI Kecam Tindakan Biadap Oknum Anggota TNI Siksa Warga Sipil di Papua

Lewat sebuah cuplikan video ini, pilot Mehrthens menyampaikan semacam kesaksian terhadap situasi yang dialami langsung selama disandera. Juga, soal kebijakan Indonesia melalui aparat keamanan melakukan berbagai operasi di wilayah kabupaten Nduga dan sekitarnya.

Menurutnya, operasi militer dengan melepaskan bom dari udara ke berbagai arah membahayakan nyawanya. Juga membayakan keselamatan warga masyarakat di kabupaten Nduga.

Baca Juga:  Berlakukan Operasi Habema, ULMWP: Militerisme di Papua Barat Bukan Solusi

Sembari diapit dua pria, pilot mengatakan, “Hari ini hari Senin tanggal 24 April 2023. Sekarang hampir tiga bulan, dari waktu OPM tangkap saya di Paro. Saya masih hidup. Masih sehat. Saya makan yang baik. Minum yang baik. Saya tinggal bersama orang di sini. Hidup bersama. Jalan bersama. Istirahat bersama. Tidak ada masalah dengan saya.”

Lanjut pilot Phillips Mark Mehrtens, “Indonesia lepas bom di daerah sini. Jadi, tidak usah terlalu perform, itu bahaya untuk saya dan orang-orang di sini.”

Baca Juga:  PAHAM Papua Desak Komnas HAM dan Pangdam XVII Investigasi Video Penganiayaan Warga Sipil Papua

Pilot Susi Air itu disandera Egianus Kogeya bersama pasukannya di runway lapangan terbang Paro, distrik Paro, Nduga, Selasa (7/2/2023) lalu.

Video berdurasi 1 menit 38 detik itu disiarkan Sebby Sambom, juru bicara TPNPB OPM, pagi tadi.

Klik video: https://www.youtube.com/watch?v=IcdhcqVUwms

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

0
“Pemerintah kita gagal dalam mengatasi layanan penerangan di Dekai. Yang kedua itu pendidikan, dan sumber air dari PDAM. Hal-hal mendasar yang seharusnya diutamakan oleh pemerintah, tetapi dari pemimpin ke pemimpin termasuk bupati yang hari ini juga agenda utama masuk dalam visi dan misi itu tidak dilakukan,” kata Elius Pase.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.