PartnersCook Islands Akan Menjadi Tuan Rumah Pertemuan PIF November 2023

Cook Islands Akan Menjadi Tuan Rumah Pertemuan PIF November 2023

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pertemuan Pemimpin Forum Kepulauan Pasifik ke-52 akan berlangsung tahun ini pada tanggal 6-10 November 2023 di Rarotonga Cook Islands.

Tema pertemuan tahunan ini adalah, “Suara Kita, Pilihan Kita, Cara Pasifik Kita: Mempromosikan, Bermitra, Sejahtera”.

Ketua Forum Kepulauan Pasifik (PIF) dan Perdana Menteri Kepulauan Cook, Mark Brown, mengatakan bahwa menjadi tuan rumah pertemuan ini merupakan peristiwa penting bagi negara dan kawasan ini.

Baca Juga:  Senin Pekan Depan KNPB Ajak Rakyat Papua Gelar Aksi Solidaritas untuk Kanaky

“Kami telah merencanakan dan berkonsultasi secara ekstensif untuk memastikan tema kami dapat menginspirasi dan memberdayakan para pemimpin yang hadir,” kata Brown.

“Tema kami mewakili suara kolektif dan aspirasi masyarakat Pasifik, menyoroti pentingnya mempromosikan Cara Pasifik yang unik, menjalin kemitraan yang kuat, dan mendorong kemakmuran di wilayah kami,” katanya.

“Kerja kreatif di balik penyusunan tema dan desain logo resmi kami merupakan upaya kolaboratif dengan masukan dari seluruh komunitas kami.”

Baca Juga:  Bencana Longsor di PNG: Komunitas yang Dulunya Ramai, Kini Tinggal 'Tumpukan Batu'

“Ini adalah ekspresi dari visi bersama kami untuk Te Moana Nui a Kiva – Benua Pasifik Biru yang tangguh, berkelanjutan, dan sejahtera.”

Seorang juru bicara PIF mengatakan logo resmi untuk acara tersebut menampilkan elemen-elemen warisan budaya dan lingkungan alam Kepulauan Cook.

Kementerian Luar Negeri dan Imigrasi Kepulauan Cook telah membuat situs web khusus – www.piflm52.com – untuk acara tersebut, yang akan mencakup pembaruan berita.

Baca Juga:  Asosiasi West Papua Australia Mendesak Prancis Mendengarkan Suara Rakyat Kanak

Negara kepulauan ini terakhir kali menjadi tuan rumah Pertemuan Pemimpin Forum pada tahun 2012.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Lindungi Rakyat Sipil, TNI Polri dan TPNPB Wajib Terapkan Konvensi Jenewa...

0
“Kedua belah pihak wajib menerapkan Konvensi Jenewa IV tahun 1949 tentang perlindungan rakyat sipil dalam masa perang yang sedang terjadi di Bibida, kabupaten Paniai,” ujar Emanuel.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.