Yosep Payage, ketua DPC Partai Demokrat kabupaten Yahukomo didampingi sekretaris dan Bapilu saat menerima berita acara dari KPU Yahukimo, Minggu (14/5/2023). (Supplied for SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Yahukimo memastikan seluruh berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) dari Partai Demokrat lengkap.

Hal itu diketahui dari berita acara KPU Yahukimo nomor 182/PL.01.4-BA/9113/2023 yang menerangkan hasil pemeriksaan status pengajuan bakal calon anggota DPRD Partai Demokrat kabupaten Yahukimo di model B dinyatakan lengkap dan diterima pada Minggu (14/5/2023) di Hotel Horizon Abepura, kota Jayapura.

Atas keputusan itu, Yosep Payage, ketua DPC Partai Demokrat kabupaten Yahukimo, bersama pengurus dan para caleg menyambutnya dengan gembira.

“Terima kasih saya kepada para caleg, pengurus partai, Bapilu, LO, admin dan semua simpatisan partai Demokrat yang sudah membantu kami selama ini. Kami ucapkan terima kasih banyak. Dan, saya berharap agar kita tetap berdoa untuk urusan-urusan selanjutnya,” kata Payage.

Baca Juga:  Tak Patuhi Aturan, 38 Anggota PPD di Intan Jaya Diberhentikan Sementara

Dengan rasa syukur atas seluruh tahapan yang telah dilaluinya, Yosep selanjutnya menunggu petunjuk dari pengurus provinsi dan pusat, juga KPU sebagai penyelenggara dan Bawaslu sebagai pengawas Pemilu.

ads

“Ucapan terima kasih kami sampaikan juga kepada KPU dan Bawaslu karena sudah periksa berkas kami dan hasilnya dinyatakan lengkap. Saya berharap semua calon tetap semangat, kita tetap berdoa supaya Tuhan campur tangan dalam tahapan selanjutnya hingga nanti terwujud target kita,” ujar Yosep.

Baca Juga:  KPU Deiyai Tuntaskan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Sementara itu, Yoram Sobolim, sekretaris DPC Demokrat Yahukimo, menambahkan, KPU secara resmi telah menerima berkas dan menandatangani berita acara.

“Hari ini tanggal 14 Mei secara resmi parta kami sudah dinyatakan sah untuk ikut serta dalam pesta demokrasi 2024 oleh KPU kabupaten Yahukimo,” kata Yoram.

Geradus Wetapo, salah satu calon legislatif mengapresiasi pengurus DPC dan KPU.
Setelah dengar hasil ini, ia mengaku akan fokus untuk turun ke lapangan untuk memperkuat basisnya.

“Orang bilang Demokrat tidak akan lolos, tetapi atas campur tangan Tuhan, KPU sudah sahkan. Terima kasih untuk semuanya,” ujar Wetapo.

Baca Juga:  Gangguan Teknis Berulang Kali, KPU Tambrauw Komitmen Pleno Selesai Tepat Waktu

Sebelumnya, Penas Pahabol, komisioner KPU divisi data mengatakan, agenda Pemilu 2024 tetap dilaksanakan sesuai jadwal dari KPU RI.

“Semua tahapan sudah terjadwal dari pusat. Kami kerja tidak bisa di luar dari ketentuan KPU RI. Jadi, pendaftaran bakal caleg dari setiap partai politik hingga verifikasi dan pengesahan itu juga sesuai jadwal. Penutupannya tanggal 14 malam,” jelasnya.

Selanjutnya, KPU minta seluruh pengurus partai dan para bakal caleg rajin mengikuti setiap informasi dari lembaga penyelenggara. []

Artikel sebelumnyaFilm Dokumenter “Wisisi Nit Meke” Tayang Perdana di Kota Jayapura
Artikel berikutnyaHA-JABASU Minta Pemkab Yahukimo Serius Tangani Pasien di RSUD Dekai