BeritaRakyat Papua Diminta Mendukung ULMWP Menjadi Anggota Penuh MSG

Rakyat Papua Diminta Mendukung ULMWP Menjadi Anggota Penuh MSG

WAMENA, SUARAPAPUA.com— Rakyat Papua diimbau untuk melakukan aksi damai sebagai dukungan kepada United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) menuju keanggotaan penuh MSG dalam bentuk demonstrasi damai, mimbar bebas, diskusi-diskusi publik, ibadah, doa dan puasa serta kampanye di jejaring media menjelang konferensi MSG.

Imbauan itu disampaikan pihak ULMWP melalui pernyataanya kepada suarapapua.com di Wamena pada, Minggu (9/7/2023).

“Dalam rangka mendukung agenda keanggotaan penuh West Papua di MSG, kami mengimbau kepada seluruh rakyat West Papua dan elemen perjuangan bangsa Papua di mana saja berada untuk dapat melakukan dukungan secara damai dan bermartabat. Terutama dalam bentuk demonstrasi damai, mimbar bebas, diskusi-diskusi publik, ibadah, doa dan puasa serta kampanye di jejaring media secara maksimal sejak tanggal imbauan ini dikeluarkan sampai dengan puncak pelaksanaan KTT MSG yang akan berlangsung bulan ini [Juli 2023],” tukas Bazoka Logo.

Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Melanesian Spearhead Group Leader Summit di jadwalkan akan berlangsung pada Juli 2023 di Kantor Secretariat MSG di Port Villa, Vanuatu.

“Dalam pertemuan ini akan turut dihadiri Presiden Pemerintah Sementara ULMWP, Benny Wenda bersama delegasi,” katanya.

“Agenda West Papua melalui ULMWP telah ada di meja MSG dan akan menjadi bagian dari kebijakan yang akan diputuskan para pemimpin MSG nanti,” jelasnya.

Untuk diketahui, pada tahun 2015 ULMWP telah diterima menjadi Observer, kemudian melalui keras lobi politik kepada anggota tetap MSG untuk meningkatkan statusnya dari observer member menjadi anggota penuh.

Pada tahun 2019 dalam KTT-MSG, yang berlangsung di Port Moresby, Papua Nugini, ULMWP dinyatakan memenuhi syarat kriteria keanggotaan yang selanjutnya diproses di sekretariat.

“Untuk itu, para pemimpin ULMWP bersama seluruh komponen rakyat bangsa Papua berharap kepada pemimpin MSG agar secara kolektif dapat berkomitmen untuk menempatkan West Papua menjadi full member melalui KTT – MSG tahun 2023 ini,” harapnya.

Baca Juga:  Hujan di Sorong, Ruas Jalan dan Pemukiman Warga Tergenang Air

Sementara, ULMWP telah mendeklarasikan dukungan politik menuju keanggotaan penuh MSG. Deklarasi itu dilaksanakan di gereja Kingmi Papua Jemaat Anugera Bahari, Dok. V Atas Jayapura pada, Minggu (4/6/2023).

Deklarasi itu dihadiri elemen rakyat Papua, termasuk pimpinan ULMWP eksekutif, legislatif,dan yudikatif.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Non OAP Kuasai Kursi DPRD Hingga Jual Pinang di Kota Sorong

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Ronald Kinho, aktivis muda Sorong, menyebut masyarakat nusantara atau non Papua seperti parasit untuk monopoli sumber rezeki warga pribumi atau orang...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.