PartnersFestival Seni dan Budaya Melanesia di Vanuatu Akan Dimulai Rabu

Festival Seni dan Budaya Melanesia di Vanuatu Akan Dimulai Rabu

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Festival Seni dan Budaya Melanesia (MACFEST) 2023 dimulai di Port Vila Vanuatu pada, Rabu 19 juli 2023 dengan tema ‘membangun kembali Melanesia untuk masa depan kita’.

Acara ini diselenggarakan oleh Melanesian Spearhead Group (MSG) yang meliputi Fiji, FLNKS Kaledonia Baru, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Vanuatu.

Hanya delegasi Papua Nugini yang belum tiba di Vanuatu untuk bergabung dengan kontingen budaya dari Fiji, FLNKS dan Kepulauan Solomon, yang disambut oleh tuan rumah pada, Minggu dan Senin lalu.

Ketua panitia penyelenggara festival, Richard Ching, menghimbau penduduk setempat untuk menunjukkan keramahan khas Vanuatu kepada para pengunjung.

Baca Juga:  Polisi Bougainville Berharap Kekerasan di Selatan Mereda

“Sebagai tuan rumah acara MACFEST, kami ingin masyarakat Vanuatu menunjukkan keramahan Vanuatu,” kata Ching.

“Pesan saya adalah agar masyarakat menghormati para pengunjung, membantu mereka, dan memastikan bahwa acara ini berjalan dengan baik dan sukses.”

Delegasi budaya dari seluruh Vanuatu sendiri juga melakukan perjalanan ke pulau utama Efate untuk acara tersebut, yang berlangsung hingga akhir bulan.

Kepala Vanuatu, Reuben Naram, yang merupakan kepala kontingen yang mewakili Aneityum, akan memainkan peran penting dengan para pemain selama upacara pembukaan festival.

Baca Juga:  Prancis Mendukung Aturan Pemilihan Umum Baru Untuk Kaledonia Baru

Naram mengatakan kepada RNZ Pacific bahwa Aneityum adalah pulau paling selatan di Vanuatu, namun menjadi yang pertama tiba di Port Vila, karena sulitnya transportasi ke tempat lain.

Sementara itu, awal bulan ini, para menteri luar negeri MSG mengesahkan Laporan Kemajuan 2022 direktur jenderal MSG, Laporan Tahunan 2020 dan 2021 Sekretariat MSG, serta Laporan Keuangan yang diaudit, yang tidak dapat diajukan tahun lalu.

“Para menteri luar negeri MSG, dalam menyetujui Kalender Kegiatan, mengarahkan Sekretariat untuk membentuk komite untuk mengidentifikasi kekurangan dalam proses dan munculnya penurunan minat dan komitmen terhadap masalah-masalah MSG oleh para anggota dan mengusulkan opsi-opsi yang akan meningkatkan koordinasi dan sarana komunikasi antara anggota dan Sekretariat dengan lebih baik,” ungkap MGS melalui sebuah pernyataan.

Baca Juga:  Kunjungan Paus ke PNG Ditunda Hingga September 2024

Delegasi-delegasi dari negara-negara Melanesia sudah mulai tiba di Port Villa Vanuatu.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Aktivitas Belajar Mengajar Mandek, Butuh Perhatian Pemda Sorong dan PT Petrogas

0
“Jika kelas jauh ini tidak aktif maka anak-anak harus menyeberang lautan ke distrik Salawati Tengah dengan perahu. Yang jelas tetap kami laporkan masalah ini sehingga anak-anak di kampung Sakarum tidak menjadi korban,” pungkasnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.