PartnersDari Magang Hingga Menjadi Petugas Sains Utama di Vanuatu Metservice

Dari Magang Hingga Menjadi Petugas Sains Utama di Vanuatu Metservice

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Ketika Met Service berbicara, semua orang di Vanuatu mendengarkan, kata Glenda Pakoa, petugas sains utama di Departemen Meteorologi dan Geo-Bahaya Vanuatu (VMGD).

Pakoa telah menjadi petugas ilmiah utama di divisi iklim VMGD sejak tahun 2021. Dia berbicara kepada RNZ Pacific tentang perannya, yang dia gambarkan sebagai mengumpulkan dan menyajikan informasi iklim untuk Vanuatu.

Ini termasuk memantau kondisi El Nino.

“Kami memantau osilasi selatan El Nino atau sebagian besar dari kita mungkin sudah familiar dengan tiga fase Osilasi Selatan El Nino, yaitu El Nino, La Nina, dan Netral.”

Pakoa menggunakan model iklim internasional, yang kemudian diturunkan skalanya agar sesuai dengan kondisi Vanuatu. Dia menggunakan model-model ini untuk memberikan informasi yang berguna bagi para pemangku kepentingan di berbagai sektor seperti pariwisata, perikanan, infrastruktur, dan pertanian.

“Informasi ini mencakup analisis dan prediksi seputar jumlah siklon di musim siklon yang akan datang, serta proyeksi untuk periode 3 hingga 6 bulan untuk tingkat curah hujan, suhu, permukaan laut dan suhu permukaan laut.”

Baca Juga:  Pemerintah Selandia Baru Kembali Menyerukan Pembebasan Pilot Phillip Mehrtens

Pakoa juga berbicara tentang apa yang membuatnya memulai karier di bidang meteorologi dan ilmu iklim. Bahkan ketika tumbuh dewasa, dia menyadari bahwa selama terjadi topan, semua orang di Vanuatu bergantung pada informasi penting dari Met Service.

Dia mengenang pengalaman awal dengan topan: “Ketika saya masih di kelas, saya berusia 4 atau 5 tahun dan kami mengalami topan kategori 3 yang masuk ke wilayah tanggung jawab Vanuatu.”

“Dan kemudian semua listrik padam dan kami hanya memiliki radio ini, yang menggunakan baterai, dan satu-satunya sumber informasi yang kami andalkan adalah radio.”

“Dan ketika Met Service berbicara, semua orang di seluruh Vanuatu mendengarkan, dan saat itulah hal tersebut menarik minat saya pada suatu hari.”

Pakoa juga memiliki beberapa saran untuk para wanita muda yang sedang mempertimbangkan untuk berkarier di badan meteorologi.

“Untuk para perempuan muda di luar sana yang ingin mengikuti jalur karier yang sama, saran saya adalah bekerja keras. Untuk bekerja di badan meteorologi, Anda membutuhkan latar belakang ilmiah, jadi jika Anda masih bersekolah, saya akan mendorong Anda untuk belajar dengan serius, memprioritaskan program-program Anda di sekolah, tekun, apa pun tantangan yang Anda hadapi, dan kemudian jika Anda sudah masuk ke dunia kerja, itu adalah hal yang berbeda.”

Baca Juga:  Kalsakau Mengisyaratkan Mosi Tidak Percaya Terhadap Charlot Salwai

Pakoa mulai bekerja di VMGD sebagai mahasiswa dan menjadi pekerja magang tanpa bayaran. Dia percaya bahwa pengalaman bekerja di lingkungan tersebut lebih berharga daripada uang.

“Saya dengan senang hati tetap tinggal dan melakukan pekerjaan itu karena tidak ada orang lain yang bersedia melakukan pekerjaan itu dan saya tidak mengharapkan bayaran apa pun saat itu. Tujuan utama saya saat itu adalah untuk memberikan pelayanan kepada Vanuatu, namun sebagai imbalannya, saya juga mendapatkan banyak pengalaman di dunia kerja dalam karier profesional ini.”

Pakoa percaya bahwa rahasia kesuksesan adalah memberikan yang terbaik dan tidak mengharapkan imbalan.

Baca Juga:  Pemilik Lahan di Vanuatu Menuntut Perusahaan Cina Membayar Ganti Rugi Penebangan Pohon 

“Jalankan tugas apa pun yang diberikan kepada Anda tanpa mengharapkan imbalan apa pun dan bekerja sekeras yang Anda bisa. Bangun diri Anda sendiri karena pengalaman dan pengetahuan lebih penting daripada uang.”

“Jadi, apa yang saya dapatkan dari hal ini adalah bahwa departemen saya mendapatkan keyakinan dan kepercayaan pada saya.”

“Jangan melakukan apa pun dengan mengharapkan insentif atau uang – lakukan dengan sepenuh hati dan suatu hari Anda akan mendapatkan imbalan dengan cara yang tidak Anda duga. Reputasi yang baik lebih baik daripada uang yang banyak.”

Pakoa tahu bahwa dalam industrinya, kepercayaan dan keyakinan sangatlah penting. Dia kadang-kadang dipanggil untuk menggantikan direktur Met Service pada pertemuan regional, dan tahu bahwa hal ini hanya mungkin terjadi karena kepercayaan dan keyakinan yang dia peroleh.

Dia mendorong semua orang untuk meraih impian mereka. “Jika Anda sedang berjuang saat ini, jangan menyerah.”

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hilirisasi Industri di Indonesia: Untung atau Buntung bagi Papua?

0
Pertanyaan bagi pemimpin negara yang sedang mendorong hilirisasi: apakah kebijakan hilirisasi memberikan untung atau buntung (rugi) bagi Papua?. Jika kita berkaca dari pengalaman selama ini, hasil kekayaan alam dikeruk secara besar-besaran dari Tanah Papua, tetapi tidak memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat Papua.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.