Gegara Korek Api, Diperkirakan Satu Hektar Lahan Kosong Dilahap Api 

0
1217

KOTA SORONG, SUARAPAPUA.com— Sekitar jam 12 siang pada 8 Desember 2019 kemarin diperkirakan satu hektar lahan kosong yang terletak di antara kampung Cengkeh dan Mare, Kota Sorong, Papua Barat terbakar.

Menurut Andreas Sedik, salah seorang warga yang dijumpai suarapapua.com menjelaskan kebakaran tersebut terjadi karena anak-anak kecil kampung Mare bermain korek api.

“Mereka mencoba mengutik korek lalu dibuang ke padang rumput hijau.  Sorong sudah musim panas panjang dan angin bagus. Posisi lahan di lereng gunung jadi ketika anak-anak keci ini lempar korek api. Api langsung menyala cepat dan merambat luas ke mana-mana,” jelas Sedik.

Baca Juga:  Berlangsung Mulus Tanpa Masalah, KPU Maybrat Diapresiasi

Melihat kebakaran tersebut,  anak-anak dari kampung Cengkeh gotong royong memuat air hujan di Drum  dari salah satu rumah tetangga yang sekitar lokasi kebakaran lalu menyiram bara api yang kencang dan cepat yang didorong oleh angina hingga api berhasil dipadamkan.

Bobi Kinho, salah satu anak muda dan juga teman-temannya mengaku mereka mengalami kesulitan untuk menghubungi pihak pemadaman kebakaran. Dengan kejadian tersebut, ia meminta  pemadam kebakaran untuk memberikan nomor kontak di setiap RT dan RW di kampung.

ads
Baca Juga:  Ribuan Data Pencaker Diserahkan, Pemprov PBD Pastikan Kuota OAP 80 Persen

“Tong mau telepon bagian kebakaran tapi, tidak tahu dong pu nomor hp. Dinas kebakaran dong harus kasi dong pu no hp ke setiap RT/RW atau kampung sehingga terjadi kebakaran begini kami bisa langsung telepon,” tegasnya.

Pewarta: SP-CR03

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaBerita Foto: Sampah Plastik dan Botol Penuhi Kota Sorong
Artikel berikutnyaPemerintah Indonesia Didesak Selesaikan Kasus Wasior Berdarah