Bupati Dogiyai: Bantuan Perahu dan Motor Bukan Cari Uang

0
3627

DOGIYAI, SUARAPAPUA.com— Pemerintah Daerah Kabupaten Dogiyai melalui Dinas Kesehatannya menyerahkan satu unit perahu serta motor tempel untuk melayani warga pasien di tingkat kampung wilayah Distrik Kamu Selatan yang selama ini terkendala akibat akses perhubungan berupa transportasi sungai.

Kabupaten Dogiyai memiliki 10 pemerintahan distrik, salah satunya adalah Distrik Kamu Selatan. Secara geografis, wilayah Distrik Kamu selatan terdiri dari gunung dan lembah rawa sebagai tempat pembuangan air sungai yang berasal dari lereng dan gunung sekitar lembah Kamu Wilayah Kabupaten Dogiyai. Hampir setiap tahun kawasan wilayah Distrik Kamu Selatan mendapat jatah banjir, berupa genangan air di musim hujan.

Wilayah yang paling sulit dijangkau adalah Kampung Bogiyateugi, Kampung Pona, Kampung Iyoma. Biasanya petugas kesehatan menyewa perahu warga dan memarkir di pintu air muara kali Edege, lalu menyeberang ke kampung pelayanan tersebut.

“Bantuan sarana transportasi ini akan memperlancar 12 kampung yang tersebar di wilayah Distrik Kamu Selatan, yang selama ini sulit dijangkau,” ungkap Suster Agustina Pigome, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dogiyai, Senin (12/11).

Menurut Kepala Dinas Daniel Lumangkung, dengan adanya pemerintah maka sarana dan prasarana pelayanan dasar bisa terpenuhi, salah-satunya bantuan sarana transportasi sungai tersebut. “Dengan bantuan ini saya harap supaya akses pelayanan kesehatan semakin lancar, dan kepada petugas dan masyarakat agar dengan bantuan ini akses jasa pelayanan kesehatan bisa optimal.

Pembangunan kesehatan diharapkan berdampak kepada peningkatan derajat kesehatan masyarakat. “Kita tidak mau ada ketimpangan. Dengan meningkatnya pengetahuan kesehatan oleh masyarakat Dogiyai, kita siap untuk mengantisipasi bahaya kesehatan,” katanya.

Peringatan hari kesehatan nasional ke-54, Selasa 12 November 2018, kepala dinas mengakui sebagai hari evaluasi untuk memperbaiki dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Dogiyai yang rawan dalam mempertahankan kondisi kesehatannya.

Sementara itu, Bupati dalam acara apel pagi Senin itu berpesan agar setiap pegawai ASN patuh dan loyal terhadap tugasnya.

“Bantuan yang diberikan ini bukan untuk mencari keuntungan, bukan untuk mencari uang antar penumpang ke sana-kemari. Sarana ini dipakai untuk melayani pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama pasien dan kegiatan-kegiatan pelayanan kesehatan yang terkendala selama ini karena banjir dan sungai meluap sehingga sulit dijangkau selama ini,” pesan Yakobus Dumupa, Bupati Kabupaten Dogiyai.

Bantuan sarana transportasi tersebut langsung diserahkan kepada pihak Puskesmas Distrik Kamu Selatan dalam acara apel pagi pegawai ASN di lingkup Pemkab Dogiyai yang dipimpin langsung oleh Bupati Yakobus Dumupa. “Kalau kedapatan perahu ini dipergunakan cari uang oleh oknum yang tak bertanggungjawab, saya akan tarik dan oknum pegawainya akan ditindak tegas,” pesannya. (Adv)