ArsipTerminal Penumpang Bandara Wamena Mulai Beroperasi Pekan Ini

Terminal Penumpang Bandara Wamena Mulai Beroperasi Pekan Ini

SeninĀ 2016-01-03 09:24:45

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Terminal kedatangan dan keberangkatan Bandar Udara Kelas 1 Wamena, Kabupaten Jayawijaya, diresmikan Presiden Indonesia, Joko Widodo, 30 Desember 2015. Awalnya ditargetkan beroperasi sehari setelah peresmian, tetapi ternyata molor.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Wamena, Rasburhani, menjelaskan, rencana pengoperasian mengalami penundaaan, karena ada beberapa item yang perlu dibenahi, baik sisi ruangan maupun kebutuhan dari masing-masing maskapai penerbangan.

“Kita selesaikan dulu pembersihan, kemudian ada beberapa alat yang perlu dilengkapi oleh masing-masing airline, setelah itu baru kita operasikan terminalnya,” kata Rasburhani saat dihubungi suarapapua.com, Minggu (3/1/2016) kemarin.

Menurutnya, terminal kedatangan dan keberangkatan Bandara Wamena akan dibuka secara resmi pada pekan ini.

“Kita targetkan sebelum tanggal 7 Januari 2016 sudah bisa dioperasikan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk selanjutnya, terminal penumpang dan cargo akan berpindah tempat di apron yang baru.

Namun menurut Rasburhani, semua itu tetap membutuhkan proses, karena di apron Alfa belum dilakukan pembongkaran seperti VIP Room Bandara, terminal penumpang yang lama, termasuk Polsek Bandara.

“Seiring berjalan waktu nantinya tidak menutup kemungkinan pesawat cargo juga akan ada yang masuk di apron Bravo jika di apron Alfa penuh, ini akan berjalan hingga pembongkaran bangunan lama selesai dikerjakan,” tuturnya.

Khusus untuk pesawat kecil, kata dia, masih di apron Alfa.

“Kita juga sudah minta maskapai siapkan mobil angkutan penumpang untuk ke terminal kedatangan baru,” imbuh Rasburhani.

Sebelumnya, Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo mengajak seluruh masyarakat Jayawijaya dan sekitarnya untuk dapat menjaga Bandara Wamena dengan tidak membuang sampah sembarang, termasuk ludah pinang.

Bupati Wetipo juga menegaskan, terhitung sejak terminal penumpang baru ini dioperasikan, tak boleh ada lagi calo tiket seperti dilakukan onum tertentu selama beberapa tahun berlalu.

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemerintah Fiji Mempertahankan Pendiriannya Dalam Masalah Israel-Palestina di ICJ

0
Fiji prihatin bahwa kasus saat ini menjadi preseden bagi konflik-konflik lain yang sedang berlangsung yang mungkin akan diajukan ke Mahkamah, sehingga merusak integritas Mahkamah, demikian pernyataan tersebut.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.