ArsipMengutuk Pelecahan dari Cita-Cita terkait Persoalan Papua

Mengutuk Pelecahan dari Cita-Cita terkait Persoalan Papua

Jumat 2015-02-27 21:44:45

dalam hal ini ketika konfrensi pers di audaturium uncen mahasiswa dengan tegas kepada DPRP,dan MRP, sebagai lembaga legislatif maka segera menangani serius atas pelecehan Adat dan budaya orang papua yang di lecekan oleh artis Cita Citata,

Jayapura suarapapua.com , seluruh mahasiswa dengan tegas menuntut kepada pemerintah indonesia terutama pemerintah daerah di provinsi papua segera memproses cita citata secara hukum atas pelecehan yang di lakukan pada konser resmi beberapa bulan lalu . jayapura jumat 27/02/15, dalam hal ini ketika konfrensi pers di audaturium uncen mahasiswa dengan tegas kepada DPRP,dan MRP, sebagai lembaga legislatif maka segera menangani serius atas pelecehan Adat dan budaya orang papua yang di lecekan oleh artis Cita Citata,

Dalam hal ini selaku ketua MPM uncen dan skaligus ketua kordinator IKAHIMBI wilaya papua dan papua barat Leo Himan dengan tegas menegaskan , budaya dan adat orang papua tidak bisa di permainkan oleh pihak manapun contohnya burung cenderawasi . burung cenderawasi adalah burung surga yang dimiliki oleh orang papua ,maka stiap kegiatan dan ifen-ifen tertentu dapat di pake oleh orang-orang dengan sembarangan dia harus tahu dulu dan yangan asal pake sembarangan, sekarang terjadi di gor cenderawasi dan yang lain lagi pada saat penyemputan ketua partai dan ketua partai itu tidak tau itu pesta adat papua punya yang model bagaimana lagi tapi itu juga terjadi, dan sampai artis-artis yang angkat sampa juga di kasi pake model-model itu . jadi kami sangat kecewa skali dan kalau bisa pemerintah dalam hal ini DPRP harus membuat satu produk hukum yang melarang penggunaan atribut adat dan juga hak patem dari pada adat itu . dan kekayaan adat dan budaya yang ada di papua itu harus buat satu hak patem bahwa adat macam burung cenderawasi ini adat papua punya maka kalau mau pake dimana-mana harus melalui mekanisme adat, dan tidak bisa pake sembarang kaya begitu dan harus punya hak patem tuturnya .

lanjud ketua DPM fisif uncen Pontius Omoldoman menegaskan bahawa saya pun sangat tidak sepakat dengan ras melayu melecekan jati diri dan identitas ras melanesia , tetapi hari ini artis murahan cita citata suda melecekan jati diri orang papua dan ini kami mahasiswa meminta kasus ini segera di proses sesuai hukum yang berlaku di negara ini. Kalau sebagai anak adat menjaga hak ulayat dan perlu sadar diri saya tegaskan kepada LMA bahwa, yangan mencari kesempatan dalam momen sperti ini, sebaiknya kau sebagai anak adat harus sadar dan mengerti hak-hak dasar dalam arti adat dan budayanya . dan cita citata pun boleh minta maaf saja melaluai media massa, tetapi masalanya ini harkat dan martabat orang papua dan sama saja melanggar hukum orang papua yang tidak bisa di beli dan di jual karena ini masalah adat dan budaya.

Dan menurut ketua bem fakultas mipa, Paskalis boma menegaskan saya meras pelecehan yang di lakukan oleh artis cita citata adalah pelanggaran yang sangat menyesalkan dan ini pukulan berat bagi orang papua selurunya dimana harkat dan martabat orang papua yang di lecekan dan kami seluru mahasiswa dan masyarakat papua kami tidak tinggal diam saja apa yang di lakukan oleh artis cita citata konser beberapa bulan lalu, dan ini merupakan pelecehan publik dan kami punya adat ini ingin di lestarikan lebih terutama nasional maupun di dunia internasional, dan kami meminta kepada pimpinan dan lembaga-lembaga yang ada di tanah papua segera di tindak agar kasus ini di proses sesuai jalur hukum katanya ,.

Dalam hal ini juga Viktor sigunu menjelaskan yang perlu kami tegaskan di sini adalah menyangkut harga diri orang papua , saya rasa ini bagian yang suda perna barlangsung di dalam kehidupan orang papua yang mana suda ada di dalam bingkai NKRI . ini salah satu bukti yang suda terwujud dari sekian banyak yang suda terjadi pada waktu yang lalu-lalu dan penegaskan kami terakhir kepada pemerintah dalam hal ini kepada lembaga terkait yang menangani masalah ini segera menindak lanjuti secepatnya.

Serige Uaga mahasiswa kedokteran juga mengungkapkan, kami sebagai perempuan merasa di lecekan dengan apa yang di sampaikan oleh cita citata dan kami sangat kesal atas pelecehan ini dan harapan kami agar semua pimpinan dan lembaga yang yang ada di tanah papua secepatnya membawa kasus ini secara hukum , dan kami juga menunutut agar cita citata harus bertanggung jawab atas perbuatannya .

Kesempatan ini juga selaku ketua komisi D MPM uncen menjelaskan dinamika yang berkembang terkait konser resmi yang di lakukan oleh artis cita citata di jog jakarta ini merupakan salah satu bentuk pelecehan secara sistematis maka kami meinta kepada lembaga-lembaga yang ada di papua duduk bicara dan sepakati bersam menyangkut pelecehan terhadap orang papua . dan kami seluru gabungan organisasi yang ada di papua menolak dengan tegas atas bayaran amg di sampaikan oleh LMA papua dan juga permohonan maaf yang si sampaikan oleh artis tersebut kami secara resmi menolak dan kasus tersebut di proses secara hukum dan di diring dalam meja hijau dan di adili secara hukum yang berlaku di negara kesatuan republik indonesia. Dan mungkin ini yang menjadi catatan penting bagi semua artis yang ada di indonesia dan bukan hanya artis tersebut tetapi bagi eksekutif,legislatif, dan judikatif yang ada egara ini agar atribut burung cenderawasi juga tidak sekedar di gunakan sewenang-wenang oleh orang tetapi ada batasan-batasan tertentu, hari ini orang papua dari sorong sampai samarai sadar bahwa mereka punya budaya resmi itu adalah burung cenderawsi dan hari ini di akui sebagai burung surga sehingga berbagai macam bentuk kebijakan yang di berikan oleh pemerinta pusat dalam hal ini kasus terakhir dan kami menolak dengan tegas atas kebjakan pemerinta pusat dalam hal menteri dalam bnegiri atas putusan-putusan dalam hal pemekarankabupaten,otsus plus semua itu kami tolak dengan resmi .

 

yosep walilo

Terkini

Populer Minggu Ini:

Dewan Gereja Pasifik Minta Dukungan Doa dan Solidaritas Rakyat Kanak Hadapi...

0
PBB untuk memimpin misi dialog yang tidak memihak dan kompeten untuk memantau secara kritis situasi yang mengkhawatirkan di negara tersebut.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.