Surya Anta: Kami Dalam Barisan Solidaritas Tegas Pendukung Bangsa West Papua

0
1028

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Surya Anta, juru bicara Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-West Papua) yang dideklarasikan pada 29 November 2016 di kantor LBH Jakarta, menegaskan, dirinya dan berbagai komponen yang tergabung dalam FRI utuk West Papua adalah rakyat Indonesia yang melawan kolonialisme dan militerisme NKIR terhadap rakyat West Papua.

Hal itu ditegaskan Surya Anta kepada suarapapua.com dari Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Surya mengatakan, dengan dilakukannya deklarasi terbuka dari rakyat Indonesia untuk mendukung hak penentuan nasib sendiri bagi West Papua, pihaknya ingin menunjukkan pada dunia dan rakyat Papua bahwa ada rakyat Indonesia yang juga melawan kolonialisme dan militerisme Indonesia kepada rakyat West Papua.

“Kami hendak menunjukkan pada dunia dan rakyat Papua, bahwa ada rakyat Indonesia yang melawan kolonialisme dan militerisme NKRI terhadap bangsa West Papua. Kami hendak membebaskan diri kami, bahwa kami bukan bagian dari barisan penjajah,” tegas Surya.

Lanjut dia, “Sekecil apapun kontribusi kami bagi pembebasan nasional West Papua, setidaknya, kami sudah menegaskan kami berada dalam barisan solidaritas yang tegas. Barisan pendukung bangsa West Papua.”

Lebih lanjut, saat disinggung tentang dukungan riil apa yang hendak diberikan FRI-West Papua kepada rakyat bangsa West Papua, ia mengatakan, sebagai langkah awal, pada tanggal 1 Desember mendatang pihaknya akan melakukan aksi bersama dengan rakyat Papua yang ada di Jakarta atas nama FRI West Papua.

“Untuk pertama-tama, kami akan melakukan aksi bersama tanggal 1 Desember. Kami akan melakukan aksi bersama kawan-kawan Papua atas nama FRI-West Papua. Kedepan kami juga akan melakukan aksi sendiri orang-orang Indonesia dalam FRI-West Papua guna menunjukan komitmen solidaritas terhadap bangsa West Papua,” urainya.

Surya mengungkapkan, dengan adanya FRI-West Papua tersebut, pihaknya akan terus menggalang solidaritas dan kampanye nasional dan internasional untuk menekan pemerintah Indonesia dan PBB.

“Kampanye nasional dan internasional akan kami upayakan galang untuk menekan pemerintah Indonesia dan PBB agar bangsa Papua dapat menentukan nasibnya sendiri,” jelas Surya.

Untuk diketahui, pada 29 November 2016, bertempat di kantor LBH Jakarta yang terletak di Jln. Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, telah dideklarasikan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua. Baca: Ini Isi Deklarasi Front Rakyat Indonesia untuk West Papua

Pewarta: Arnold Belau