Pemuda Domberai dan Bomberai Dukung Lukas Enembe Jilid II

0
1257

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Aliansi Pemuda Bomberai dan Domberai dari provinsi Papua Barat yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Bombardir For LE menyatakan mendukung Lukas Enembe maju dalam bursa Pilgub Papua 2018. Lukas Enembe dinilai layak untuk memimpin Papua jilid ke II.

Dukungan itu bukan tanpa alasan. Inisiator aliansi Pemuda Bombardir untik LE, Elias Ijie kepada wartawan di Abepura, Senin (19/6/2017) menjelaskan, lima tahun kepemimpinan Lukas Enembe, banyak kebijakan yang dibuat untuk masyarakat. Bahkan Enembe rela berseteru dengan Jakarta soal Freeport dan Smelter.

“Menurut penilaian kami ada sejumlah terobosan dan inovasi dilakukan beliau. Enembe termasuk salah satu pemimpin Papua yang berkarakter, punya prinsip dan berani pasang badan untuk kepentingan orang Papua”, kata Elias.

Kata Ijie, Aliansi Pemuda Bomberai – Domberai Untuk Lukas Enembe atau disingkat Aliansi Pemuda Bombardir For LE menyebutkan, kelompok aliansi tersebut mewadahi perwakilan pemuda dari 12 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Papua Barat.

“Kami semua sudah sepakat bahwa hanya Bapak Lukas Enembe yang akan kembali membawa kita orang Papua menuju bangkit, mandiri dan sejahtera serta modern dan berkelanjutan, karena kinerja dan kepemimpinannya sudah teruji dan terbukti dalam lima tahun ini,” ungkap Ijie.

Sementara itu, Yoan Wambitman,Ketua Aliansi Pemuda Bombardir For LE mengatakan, dukungan yang diberikan pada Enembe bukan tanpa alasan. Namun dengan melihat rekam jejak seorang Enembe yang siap memimpin Papua. Dukungan juga dilakukan kajian dan diskusi panjang dengan sesama aktivis dan pemuda Papua.

“Kita lihat kebijakan dan program kerja Enembe yang menyentuh langsung kebutuhan dasar rakyat Papua. Itu karena ada sinergisitas dan komunikasi yang baik dengan pusat. Jadi perhatian pemerintah pusat terhadap Papua luar biasa, perjuangan Enembe untuk UU Otsus Plus, jadika Papua sebagai tuan rumah PON XX Tahun 2020, penolakan LE terhadap program Nasional KB karena menghambat pertumbuhan manusia Papua, keseriusan LE dalam berantas miras dan narkoba, pembagian dana Otsus 80:20 untuk kabupaten. Itu semua bukti bahwa Lukas Enembe pemimpin yang punya hati dan serius perjuangan kepentingan orang Papua,” papar Wambitman.

Wambitman menambahkan, perjuangan-perjuangan Enembe tersebut ditambah dengan beberapa penghargaan yang diterima Enembe, antara lain: Tokoh Pembangunan Daerah Indonesia Timur dari Inews Maker Award 2017, Kepala Daerah Inspiratif 2017 versi Majalah Sindo Weekly, Penghargaan Tematik otonomi Daerah oleh Kemendagri sebagai Gubernur Yang Paling Banyak Melakukan Terobosan Dalam Membangun Infrastruktur Papua.

“Jadi dukungan kami punya landasan yang rasional dan terukur, dan parameternya juga jelas. Kami independent, tidak ada settingan maupun sokongan dari pihak manapun. Agenda setelah hari ini kami akan menghadap Pak Gubernur untuk nyatakan dukungan dan koordinasi terkait kerja – kerja di lapangan menjalankan misi untuk memenangkan Enembe,” kata Yoan.

 

Pewarta: Arnold Belau