Puskesmas Kukamo Melakukan Imunisasi Gratis

0
4049

YAHUKIMO,SUARAPAPUA.com— Dalam rangka atasi penyakit Meales/Campak dan Rubella/Campak Jerman (MR), Puskesmas Kukamo melakukan Imunisasi gratis. Imunisasi MR dilakukan pada hari Sabtu, (29/09/2018) di SD Negeri 1 Dekai Kabupaten Yahukimo, Papua.

Imunisasi MR dilakukan di lima tempat yaitu dua desa dan tiga sekolah yang ada di kota Dekai. Desa Sukamo dan kukamo sebanyak 47 anak, SD YPK Metanoia 49 anak, SMP YPK Metanoia 49 anak, TK Metanoia 46 anak, SD Negeri 1 Dekai 92 anak.

Erlina Balyo, Kepala Puskesmas Kokamu di sela-sela kegiatan imunisasi menjelaskan, kegiatan imunisasi campak dan rubella ini berlangsung selama dua bulan yaitu, bulan Agustus sampai dengan bulan September. Dan bulan ini terakhir di SD Negeri 1 Dekai dengan jumlah peserta 94 anak yang berhasil diimunisasikan.

Baca Juga:  KPU Papua Terpaksa Ambil Alih Pleno Tingkat Kota Jayapura

“Kita melakukan imunisasi di SD Negeri Dekai, kelas satu dan dua. Dan hari senin dan selasa dilanjutkan dengan kelas tiga,empat,lima,dan enam. Sebelum melakukan kegiatan ini, pertama pihak puskesmas melakukan penyuluhan terhadap pihak orang tua. Tujuan melakukan kegiatan ini pada umumnya untuk mencegah mata merah, bintik-bintik di badan,” kata Balyo.

Lanjut balyo, anak yang layak mendapatkan imunisasi adalah usia 9-15 tahun. Dan anak tersebut layak dapat imunisasi apabila ia tidak sakit dalam bentuk apapun.

ads
Baca Juga:  Aksi Hari Aneksasi di Manokwari Dihadang Aparat, Pernyataan Dibacakan di Jalan

“Apabila anak tersebut minum obat program, seperti paru-paru basah,Tbc, itu juga tidak bisa. Jadi diberikan jika anak itu benar-benar sehat dan pagi setelah sarapan lalu bisa disuntik, jika tidak sarapan tidak bisa disuntik,” katanya.

Balyo berharap, untuk kedepan supaya orang tua bisa membawa anak-anak untuk melakukan imunisasi. dan dengan imunisasi ini,anak-anak bisa sehat dan melakukan aktifitas dengan baik.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Sekolah SD Negeri 1 Dekai mengatakan, sebelum melaksanakan imunisasi MR, pihak Puskesmas sudah menghubungi pihak sekolah kalau akan adakan imunisasi campak dan rubella di SD Negeri Dekai.

Baca Juga:  Peringatan IWD Menjadi Alarm Pergerakan Perempuan Kawal Segala Bentuk Diskriminasi Gender

“Berdasarkan undangan dari puskesmas, kami undang kepada pihak orang tua wali dan isi undangannya juga bunyinya sama seperti yang di berikan dari puskesmas” Kata Suryadi

Lanjut suryadi, jumlah siswa-siswi kelas 1 dan 2 sebanyak 283 siswa. Namun yang lainya ikut imunisasi diluar sehingga di sekolah tidak ikut. Hari senin dilanjutkan dengan kelas tiga dan empat, dan hari selasa lima dan enam. Sebab, jumlah seluruh siswa-siswi SD Negeri 1 Dekai adalah 772 anak.

 

Pewarta : Ruland Kabak

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaMiagoni: Belum Waktunya Intan Jaya Punya Polres
Artikel berikutnyaMengenal Sang Maestro “Wairon” Perahu Adat Biak ‘kaka’ Denis Koibur