Marga Sub Suku Mare dan Aifat Didata

0
11809

MAYBRAT, SUARAPAPUA.com — Anggota MRP Papua Barat, Semuel Kambuaya, memaparkan hasil resesnya di kabupaten Maybrat dalam rangka penjaringan aspirasi dan pendataan marga dan suku Maybrat, terlebih khusus sub suku Aifat dan Mare yang dipusatkan di kampung Susumuk distrik Aifat Jaya tiga pekan lalu.

Dia menjelaskan sub suku Maysomara (Aifat Timur) ada 32 marga, diantaranya Sasior, Sakof, Fatem, Frabuku, Wakom, Aitrem, Sahbuku, Fatemyo, Sewa, Kamat, Faumair, Kowawin, Saud, Kawias, Assem, Aikingging, Sama, Tamunete, Aisah, Kiarhen, Aintebo, Aisafion, Muuk, Faan, Hae dan Syama, sedangkan suku Mare dan Miyah terdiri dari 13 marga yaitu Semunya, Yewen, Bame, Maas, Hae, Tahoba, Fawan, Yumte, Hara, Yekwam, Baru, Tawer dan Sedik.

Selain itu, marga sub suku Aifat diantaranya Saa, Iek, Kaitana, Waymbewer, Kaaf, Frasawi, Kocu, Sorrie, Wafom, Tubur, Atanay, Sowe, Kawen, Ibiah, Hora, Yaam, Kie, Bao, Akum dan marga sub suku Aifat Utara Fatie, Taa, Turot, Kosamah, Tenau, Korain, Kosho, Suwya, Srru dan Tappi.

“Jumlah keseluruhannya ada 62 marga, sedangkan sub suku wilayah Ayamaru, Wayer dan sub suku Kais akan dilakukan dalam waktu dekat,” ujar Semuel yang dihubungi suarapapua.com, Minggu (28/10/2018).

Dia menjelaskan, alasan pendataan marga ini agar orang Maybrat dapat mengetahui suku dan marganya sendiri, memiliki beberapa marga baik di wilayah Aifat, Ayamaru, Aitinyo dan Mare tahu bahwa ada ketersambungan.

“Data ini juga akan dijadikan data base untuk disampaikan ke pemerintah daerah maupun provinsi dalam rangka pengambilan kebijakan,” pungkasnya.

Pewarta: Engel Semunya
Editor: Arnold Belau