Bupati Abock Tegaskan CPNS Prioritas Sarjana Asli Yahukimo

0
1929

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Yahukimo pada formasi tahun 2019 diprioritaskan bagi orang asli Yahukimo.

“Formasi CPNS tahun 2018 yang dilakukan pada tahun 2019 ini saya perintahkan seratus persen untuk rekrut orang asli Yahukimo,” ujar Bupati Abock Busup saat tatap muka dengan para pencari kerja, Kamis (20/6/2019) di aula bupati Yahukimo, Dekai.

Bupati Abock beralasan hingga kini banyak putra daerah tidak memiliki pekerjaan tetap meski telah menyelesaikan pendidikan tinggi.

“Orang asli Yahukimo banyak sarjana yang menganggur, sehingga untuk mengurangi angka pengangguran itu kami perintahkan agar prioritaskan orang asli Yahukimo.”

Untuk itu, bupati tekankan panitia dan siapapun tidak melakukan pungutan liar (pungli) terhadap para pencaker dalam semua urusan administrasi.

“Kalau ada temukan dengan bukti pungli terhadap pencaker, harap segera lapor ke saya,” ujar Abock.

Musa Heselo, kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Yahukimo, mengatakan, sistem seleksi pada tahun 2018 yang diadakan tahun 2019 adalah tes Computer Assisted Tes (CAT) dengan berbasis komputer untuk mendapatkan standar minimal kemampuan dasar pelamar CPNS.

“Seluruh peserta seleksi harus benar-benar memahami sistem CAT karena akan menguji kompetensinya. Tes ini nanti dikawal oleh BKN Provinsi. Tidak ada yang bermain di dalam. Tidak ada titipan, dan lain-lain. Jelas, server milik BKN dan setelah tes,  BKN akan bawa ke provinsi untuk periksa, lalu hasilnya akan diumumkan sesuai kemampuan pelamar CPNS,” jelas Heselo.

Pewarta: Ruland Kabak
Editor: Markus You