Agustus Mendatang Maybrat ‘Dalam Angka’ Dirilis

0
1564

KUMURKEK, SUARAPAPUA.com — Kepala Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) Kabupaten Sorong Selatan, Cepi Ramdani mengatakan pihaknya akan rilis Maybrat dalam Angka dan Data pada 16 Agustus 2019.

Ia mengatakan, data tersebut akan diakses oleh semua pihak melalui websitenya BPS dan juga bisa datang ke kantor.

“Kita berusaha agar rilisnya sesuai jadwal kegiatan BPS yang dilakukan setiap tahun yang jadwalnya secara nasional biasa dilakukan pada Agustus. Seperti di kabupaten Maybrat dalam angka yang sumber datanya sebagian besar dari instansi terkait,” katanya.

Ia menjelaskan, kebetulan yang hari ini dilakukan yaitu Bappeda, Kesehatan, P dan P, BKD dan Perkebunan terkait data-data inti di Kabupaten Maybrat. Misalnya Dinas Kesehatan jumlah fasilitas kesehatan, yang dirinci per distrik seperti Rumah Sakit, Puskesmas dan Pustu termasuk tenaga kesehatannya.

“Hasil dari pengumpulan data setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kita susun dalam sebuah buku publikasi rutinan, namanya ‘Kabupaten Maybrat Dalam Angka’ yang berguna yang nantinya untuk kembali ke pemerintah daerah kabupaten Maybrat untuk melihat kebijakan apa yang harus dilihat terhadap data-data yang kita kumpulkan saat ini,” jelas Ramdani kepada suarapapua.com, Jumat (5/7/2019).

Untuk OPD lain itu, kata dia, di tahun 2018 ke belakang itu semua OPD yang didatangi diminta datanya. Untuk 2019 hanya ada yang namanya sentralisasi data yang memang sudah masuk di BPS pusat. IPDS tidak perlu kumpulkan kembali ke instansi terkait apabila ada tambahan data-data yang memang diperlukan.

“Seperti tadi di Dinkes terdapat data tambahan seperti gizi buruk, layanan kesehatan lingkungan dan persalinan yang dikira itu juga penting untuk dimasukan ke publikasi kita,” jelasnya lagi.

Sementara itu, kepala dinas persandian dan statistik Kabupaten Maybrat, Manfred Mate, mengapresiasi pimpinan OPD yang merespon dengan memberikan data ke BPS untuk Maybrat dalam angka agar setiap tahun Maybrat melihat prestasi kerja dalam angka yang diriilis oleh BPS 16 Agustis 2019 mendatang.

“Kami mengapresiasi dukungan dari pimpinan OPD dan stafnya yang proaktif memberikan data yang diminta oleh BPS dalam kerjanya menghimpun data disana,” kata Manfred.

Pewarta: Engel Semunya
Editor: Arnold Belau