Jacksen Tiago Buru Kemenangan Ketiga di Laga Tandang

0
223

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com—  Menghadapi Borneo FC merupakan laga ke enam bagi pelatih Persipura Jacksen F. Tiago di kompetisi Shopee Liga 1 2019. Dan merupakan laga away (tandang) ke empat bagi pelatih berkebangsaan Brasil tersebut.

Di tiga laga away sebelumnya, dua laga away Persipura berhasil menundukan tuan rumah Bhayangkara FC dengan skor 0-1 pada tanggal 21 Juli 2019 dan kemenangan away kedua didapatkan pasukan Mutiara Hitam julukan dari Persipura di dapatkan di kandang PSIS Semarang pada tanggal 6 Agustus 2019 dengan skor telak 1-3. Sedangkan satu laga away lainnya meraih kekalahan dari tuan rumah Persebaya Surabaya dengan skor tipis 1-0 pada tanggal 2 Agustus 2019.

JFT sapaan akrabnya Jacksen Tiago pun menargetkan kemenangan ketiga bagi Persipura di laga away kali ini yaitu menghadapi tuan rumah Borneo FC yang dihelat di Stadion Segiri, Samarinda pada, Senin (19/8/2019).

“Ini merupakan laga keempat saya diluar kandang. Dua laga kami berhasil meraih kemenangan dan seklai kalah. Untuk laga kali ini, saya dan juga pemain menargetkan poin penuh,” kata JFT dalam siaran persnya kepada redaksi, Senin (18/8/2019).

JFT mengatakan, selama persiapan menjelang laga kontra Borneo berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kendala apapun, sehingga pihaknya dapat menatap laga tersebut dengan enjoy tanpa mengesampingkan kekuatan dari tuan rumah.

“Beryukur kepada Tuhan karena kami bisa hadir disini (Samarinda) dengan keadaan baik, kami melakukan sebuah persiapan yang singkat pasca pertandingan kami melawan Kalteng Putra ada sekitar dua hari latihan efektif dimana satu hari di Jayapura dan satu hari di Samarinda,” ujarnya.

Terkait ada beberapa pemain Persipura yang juga mantan pemain Borneo FC, JFT mengaku dirinya tidak terlalu memikirkan hal tersebut, karena baginya ketiga pemain tersebut akan membela Persipura secara utuh karena tim Persipura berada di tanah kelahiran pemain tersebut.

Sekadar diketahui, tiga pemain Persipura yang bernah membela Pesut Etam julukan Borneo FC tersebut adalah Titus Bonai yang selama semusim (2017/2018) membela Borneo di kompetisi Liga 1 Gojek-Traveloka 2018, Boaz Solossa dan Ricardo Salampessy bermain untuk Boneo pada turnamen Pra musim Piala Presiden 2018. Untuk Ricardo Salampessy sendiri sudah dua kali membela Borneo yaitu pada turnamen pra musim Piala Piala Gubernur Kaltim 2016 dan Piala Presiden 2018.

“Mengenai mereka (Boaz, Tibo, dan juga Ricardo) yang mantan pemain Borneo akan memakai baju Persipura dan saya yakin mereka akan membela klub dimana asal dari tanah kelahiran mereka. Sehingga tidak ada keragukan saya sedikitpun,” katanya.

Kata JFT, keakraban para pemain dari satu tim dengan tim lain hampir terjadi di seluruh tim yang ada di Indonesia, bukan hanya Persipura. Begitupun dirinya mempunyai hubungan baik dengan Presiden club Borneo, Nabil.

“Saya juga punya keakraban dengan Nabil di luar lapangan. Pertandingan besok masing-masing punya kepentingan sendiri, sehingga kami akan fokus pada aspek teknis saja, soal non teknis adalah ranahnya manajemen yang mempunyai perhitungan sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, penjaga gawang Persipura Dede Sulaiman menambahkan, laga kontra Borneo menjadi target kemenangan selanjutnya tim Merah Hitam julukan lain dari Persipura Jayapura.

“Alhamdulillah, seluruh pemain dalam kondisi yang siap untuk laga besok, dan saya mewakili pemain Persipura lainnya bahwa kami sudah bertekad untuk meraih poin penuh di kandang Borneo. Kami juga sadar bahwa lawan juga akan berusaha mengalahkan kami,” katanya.

Dede juga menghimbau kepada rekan-rekannya bahwa Borneo juga sedang bangkit karena berhasil menahan imbang tuan rumah Persib Bandung dengan skor 2-2 beberapa hari lalu.

“Mereka (Borneo FC) juga sedang bangkit, dan Persipura akan dijadikan lawan yang patut dikalahkan oleh mereka. Kami akan selalu pada prinsip bahwa setiap laga adalah final, dan target kemenangan selalu kami usung di setiap laga termasuk laga besok,” katanya.  (R3-SP)