KNPI Provinsi Papua Siap Gelar Natal Bersama Relawan PON Ke-XX

0
1154

JAYAPURA, SURAPAPUA.com— Komite Nasional Pemuda Indonesia KNPI Provinsi Papua bersama sejumlah relawan Pekan Olaraga Nasional PON Ke-XX tahun 2019, pada Senin (30/12/2019) di Auditorium Universitas Cendrawih Uncen Jayapura, Papua.

Hal tersebut disampaikan Ketua KNPI Provinsi Papua Albertho Gonzales Wanimbo, Minggu, (29/122/019) saat berkoordinasi dengan tim kesehatan PON soal bekapan medis untuk natal akbar Pemuda Papua dan Relawam PON XX Tahun 2020 di Auditorium Uncen, Abepura.

“Jadi untuk peringati Hari Kelahiran Tuhan Yesus Kristus  dan menyatukan pemuda mendukung PON XX Tahun 2020  Pengurus DPD KNPI Provinsi Papua gelar Natal Akbar pada tanggal 30, jam 17,00 sampai selesai. Sehingga kami mengundang Pemuda papua dan Relawan PON datang mengambil bagian dan beribadah,” kata Wanimbo.

Katanya, Natal KNPI akan melibatkan  pemuda se-Papua dan relawan PON, pihaknya kolaborasi bersama sejumlah relawan PON yang telah mendaftar karena pesan natal bisa di  sampaikan di diterima bersama.

Baca Juga:  KPU se-Papua Ditantang Gelar Debat Publik Pilkada 2024

“Dalam bulan yang suci kita harus beribadah bersama, dan saling mendoakan dan meminta ampun dan pertolongan kepada Tuhan yang kita percaya. Tetapi juga saling mendoakan terhadap peristiwa yang sedang terjadi di Papua, seperti Intan Jaya Nduga dan Yahukimo. Ini perlu kita doakan melalui natal akbar ini,” katanya.

ads

Selain itu, KNPI akan melakukan sumbangan kemanusian untuk pengungsi Nduga yang sekarang mengungsi akibat kontak senjata antara TPNPB dan Militer indonesia, yang sudah memasuki tahun ke dua. Dan sedang berada di pengungsian beberapa kabupaten terdekat.

“Atas nama kemanusiaan kita juga akan ada sumbangan sukarela bagi para pengungsi Nduga dan Intan Jaya, maka para peserta ibadah bisa bawa baju atau berkat sedikit untuk kita bantu sesama masyarakat  kita di Nduga dan Intan Jaya,” kata Albertho

Baca Juga:  MRP Papua Pegunungan Apresiasi Masyarakat Adat Mulai Olah Tanah

Perayaan natal katanya, tidak undang bagi kristen tetapi semua agama akan diundang dalam turut mengambil bagian dalam natal akbar tersebut. Hal tersebut katanya, umat beragama yang berada di pulau paling timur Indonesia dapat menunjukan kebersamaan umat beragama itu dijunjung tinggi.

“Dalam Momentum ini juga ada pesan perdamaian dengan akan melibatkan  kawan –  kawan dari pesantren dengan lagu kasidah juga kami berikan kepercayaan sebagai Ketua Panitia juga dari Muslim sebagai bentuk toleransi kita,” ujarnya.

Sebagai ketua KNPI Provinsi Papua berharap semua pemuda pemudi datang dan hadiri natal KNPI, di Audotirium Uncen tangal 30 Desember agar katanya, pemuda Papua saling tegur dan mengenal  dan kita natal bersama dan pemuda tetap satu, kita buang semua ego, suku isme, Gereja isme dan politik isme –isme.

Baca Juga:  AMAN Latih Tata Kelola Manajemen Bagi Pengurus Daerah di PBD

Ketua Panitia Natal, Sehan Hanubun, sebagai seorang muslim ia mengatakan kepercayaan ini tidak baru karena sudah di ajarkan hidup keluarga saya di ambon.

“Hidup dengan berbagai toleran di Papua dan saya  juga sebagai Kader NU yang dimana menurut kami, ini semoga menjadi contoh bagi generasi muda Indonesia dari Papua dan indonesia soal toleransi,

Selain itu, kata dia, nantinya ada juga  pengisian panduan suara dari Qasidah yang akan tampil oleh agama muslim, pemuda gereja drama, paduan suara, dan ada sumbangan sukarela untuk Nduga dan kabupaten kota lainnya dan juga ada peluncuran website dan relawan PON dan Pengumuman relawan PON.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaAnak Muda Papua Diminta Hindari Minuman Keras
Artikel berikutnyaTokoh Gereja Intan Jaya Minta TNI/Polri dan TPNPB Tidak Korbankan Masyarakat Sipil