Dayu Rifanto: Pemkab dan Pemkot Sorong Harus Umumkan Perkembangan Covid-19

0
1358

KOTA SORONG, SUARAPAPUA.com—  Dayu Rifanto, Penggerak Literasi di Kota Sorong meminta pemerintah Kabupaten dan Kota Sorong agar setiap hari up to date dan umumkan perkembangan Covid-19 kepada masyarakat agar tidak kebingungan dan panik dalam pencegahan peyebarannya. 

Hal ini disampaikan Dayu kepada media ini di Kota Sorong pada Senin pecan ini. Menurutnya, up to date perkembangan Covid-19 kepada masyarakat sangat penting.

“Bayangkan kalo setiap warga tidak dapat informasi secara akurat dan bisa akses setiap hari. Ditengah situasi seperti ini. Masyarakat mempunyai keinginan tahu yang berlebihan sehingga mereka akan mencari-cari sendiri informasi dari sumber yang tidak resmi. Dari aktivitas  tersebut bisa muncul hoax dan juga kepanikan yang berlebihan,” jelasnya.

Baca Juga:  Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu di PBD Resmi Dimulai

Ia meminta agar  Satgas setiap hari harus menginformasikan data perkembangan Covid-19 kepada masyarakat sehingga masayarkat mempunyai gambaran dan tidak mengangap remeh virus ini.

“Menurut saya, datanya itu harus ada, harus diupadte, harus dipublikasikan, harus disampaikan supaya orang-orang punya gambaran dan tidak menggap remeh ini. Karena dengan begitu masyarakat punya keingin tahuan, termasuk cara mencegahnya bias diperoleh.”

ads
Baca Juga:  KPU dan Bawaslu PBD Akan Tindaklanjuti Aspirasi 12 Parpol

“Kalo kita tidak bisa mengukur. Kita tidak bisa mengelolah. Kita harus mempunyai ukuran yang jelas. Informasi yang jelas lalu bisa dikelola. Kemudian, orang tahu apa yang harus dilakukan,” katanya.

Dia juga berharap, ada kolaborasi baik antara Satgas dan Ikatan dokter Indonesia sehingga bersama-sama melakukan upaya pencegahan Covid-19 di wilayah Sorong Raya.

“Saya berharap ada kolaborasi yang baik antara Satgas dengan Ikatan dokter Indonesia dalam upaya pencegahan penularan dan peyebaran Covid-19,” katanya.

Baca Juga:  Saksi Beda Pendapat, KPU PDB Sahkan Pleno Rekapitulasi KPU Tambrauw

Alfo Reba, Aktivis perempuan muda, meminta Satgas bekerjasama dengan berbagai elemen   untuk turun sosialisasi kepada masayarakat akar rumput karena sampai saat ini masyarakat belum memahami baik-baik apa itu Covid-19, dampak dan pencegahaannya.

“Satgas harus bekerjasama dengan berbagai elemen masyarakat untuk mensosialisasikan Covid-19 harus sampai kepada masayarakat akar rumput. Tidak hanya lewat media massa. Jika tidak maka masyarakat menganggap biasa saja dan tetap melakukan aktivitas bersama-sama,” katanya.

Pewarta: Maria Baru

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaLetter from Jail: West Papuan activists speak about their prosecution in Indonesia
Artikel berikutnyaPenerbangan Penumpang Bandara DEO Sorong Ditutup Hari Ini