Ini Alasan Tim Pangan Lokal Paniai Belum Salurkan Bantuan

0
1413

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Tim Satuan Gugus (Satgas) pangan lokal kabupaten Paniai yang dibentuk pemerintah setempat untuk menyalurkan bantuan bahan makanan (bama) hasil kebun dan sembako bagi masyarakat terdampak virus corona, belum turun hingga sekarang karena sedang terkendala di pengambilan data jumlah masyarakat.

“Kami belum turun karena pengambilan data masih dilakukan. Itu masalahnya,” kata Jhon Pigome, ketua Tim Satgas pangan lokal Kab. Paniai, ketika ditemui suarapapua.com di Madi, Paniai, Selasa (14/5/2020).

Pengambilan data dilakukan para kepala distrik. Untuk itu, selain ia mendesak cepat, para kepala distrik dari 24 distrik ini diminta melakukan pendataan dengan jujur, tidak tambah dan juga mengurangi, sesuai jumlah penduduk sebenarnya.

Baca Juga:  ULMWP: Selamat Jalan Tuan Lukas Enembe, Pemimpin dan Tokoh Peradaban Papua

“Total keseluruhan yang kami punya dibulatkan 16.000 orang. OAP 15.000 lebih dan non OAP sisanya. Sehingga dari hasil data para kepala distrik, nanti akan kami sinkronkan. Sesuai tidak. Jadi kepala distrik harus mendata sesuai. Dan untuk itu sudah saya sampaikan langsung juga ke mereka supaya tidak tipu-tipu,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga mendesak sebab dari data tersebut akan digunakan untuk dua kegiatan yakni membeli pangan lokal hasil kebun masyarakat asli dan menyalurkan sembako.

ads
Baca Juga:  Dewan Adat dan Intelektual Moi Mendukung Kepemimpinan Silas Ongge Kalami

“Rencana kami turun salurkan semua nanti dua minggu ke depan. Jadi sambil data, kami sedang persiapkan semua bahan. Karena tuk dana sudah saya salurkan ke setiap seksi. Dan sekarang mereka sedang kerja sesuai tupoksinya,” terangnya.

Untuk pendistribusian khususnya sembako, ia katakan, akan dilakukan melalui jalur udara dan darat. Jalur udara 6 distrik dan 18 distrik jalur darat.

“Dan perhitungan pembagiannya per-KK per sembako. Begitu,” tukasnya.

Baca Juga:  MRP Sesalkan Pernyataan Ismail Asso dan Mendukung Proses Hukum

Terpisah, namun pada hari yang sama, dalam rangka mempercepat penyaluran bantuan, Bupati Paniai Meki Nawipa, meminta dinas-dinas berkaitan segera bekerja ekstra melakukan semua persiapan dan kesiapan.

“Kalian sudah dan sedang kerja, terimakasih. Tapi tolong dipercepat biar kita segera salurkan bantuan-bantuan yang ada. Kasihan masyarakat sedang tunggu,” kata Bupati dalam acara Musrendang RKPD yang digelarnya, Selasa (12/5/2020), di ruang Aula kantor Bupati Paniai, Madi.

Dinas-dinas dimaksud, yakni Sosial, DPMK dan dinas BPBD.

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaIPMM-DBP Bahos Paima Gelar Syukuran Kelulusan SMP dan SMA di Dekai
Artikel berikutnyaPenyusunan RKPD 2021, Pemkab Paniai Gunakan Dua Skenario