Tanah PapuaLa PagoDPRD Yahukimo Yang Dilantik Diminta Bekerjasama Dengan Bupati Bangun Daerah

DPRD Yahukimo Yang Dilantik Diminta Bekerjasama Dengan Bupati Bangun Daerah

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com—  Akhirnya, sebanyak tiga puluh lima (35) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Yahukimo dilantik, pada Senin (18/5/2020). Pelantikan sendiri dilakukan secara online (virtual) karena dalam situasi pendemi Covid-19.

Pelantikan sendiri awalnya direncanakan dilakukan pada 8 April 2020, namun ditunda karena Covid-19 hingga Mei ini.

Pelantikan sendiri dilakukan pada waktu yang bersamaan secara virtual. Sebanyak 21 orang di Jayapura dan 14 orang di Dekai Yahukimo.

Nathan Pahabol, Anggota Komisi V DPRP Papua dari Dapil Yahukimo, Yalimo dan Pegununga Bintang berharap agar Anggota DPRD Yahukimp yang dilantik hari ini, Senin (18/5/2020) tidak melupakan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat.

Baca Juga:  FPD Yahukimo Aksi di Kantor KPU Papua Pegunungan Tuntut Pleno Dibatalkan

Terutama dalam melakukan fungsinya sebagai legislasi, budgeting dan pengawasan.

Ia juga minta kepada para legislator untuk duduk bersama bupati sebagai mitra sesuai undang-undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, guna membangun daerah.

“Bicara bersama adalah amanat UU 23 Tahun 2014, jadi tidak ada istila hormat bupati lalu ikut arus pemerintah. Karena DPR juga adalah pejabat penyelenggara negara. Tapi dalam konteks ini DPR harus hadir sebagai wakil rakyat bicara sesuai tugas dan fungsi,” kata Pahabol kepada suarapapua.com, Senin (18/5/2020) di Jayapura.

Baca Juga:  Perda Pengakuan dan Perlindungan MHA di PBD Belum Diterapkan

Ia mengakui ada banyak masalah di Yahukimo, terutama soal pendidikan, kesehatan, dan juga pemerintahan kampung. Ada 517 kampung dan 51 distrik yang banyak masalah.

“Kita berharap dengan semangat baru memperjuangkan aspirasi rakyat dan membuat regulasi sesuai dengan kebutuhan daerah. Semoga menjadi wakil rakyat yang merakyat,” tukasnya.

Sementara, Nathan Wetipo, salah satu Anggota DPRD Yahukimo yang dilantik mengucap syukur kepada Tuhan atas pelantikan, tetapi juga kepada masyarakat Yahukimo dan khususnya masyarakat di Dapil 6 yang telah memberikan dukungan.

Baca Juga:  Polda Papua Diminta Evaluasi Penanganan Aksi Demo di Nabire

Selain itu ia menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan pihak Sekwan Yahukimo yang telah berupaya menyiapkan segala sesuatu dalam melaksanakan pelantikan secara online ini.

“Jabatan DPR adalah mandat rakyat, dan tentu tuannya adalah rakyat, maka akan kami upayakan bekerja sesuai mandat itu. Terima kasih!” tukas Wetipo usai pelantikan melalui pesan whatsapp kepada suarapapua.com.

Pewarta: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnya
Artikel berikutnya

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

0
“Pemerintah kita gagal dalam mengatasi layanan penerangan di Dekai. Yang kedua itu pendidikan, dan sumber air dari PDAM. Hal-hal mendasar yang seharusnya diutamakan oleh pemerintah, tetapi dari pemimpin ke pemimpin termasuk bupati yang hari ini juga agenda utama masuk dalam visi dan misi itu tidak dilakukan,” kata Elius Pase.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.