Pemkab Diminta Fasilitasi Calon Maba Keluar dari Timika

0
1645

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika diminta fasilitasi calon Mahasiswa Baru (Maba) angkatan 2019/2020 yang sudah lulus ujian keluar dari Timika Ibu Kota Kabupaten Mimika sebelum kampus ditutup.

Permintaan tersebut disampaikan Peanus Alom Wakil Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Mimika di Kota Jayapura pada Jumat (3/7/2020), di Waena.

“Untuk kampus negeri seperti di Uncen yang kami tau, batas terakhir pendaftaran untuk mahasiswa baru pada 13-25 juli. Sementara adik-adik kami yang lulus tahun ini belum ke Jayapura karena pesawat tidak ada dalam situasi Covid,” katanya

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Dia meminta agar pemerintah jangan abaikan calon mahasiswa di Kab. Mimika karena  pendidikan adalah tolak ukur untuk pembangunan. Untuk itu, pihaknya berharap untuk pemda sediakan pesawat untuk angkut calon mahasiswa ke Jayapura, kemudian bisa ke Manokwari.

“Kami minta ini supaya kampus negeri di Papua dan Papua Barat bisa daftar sebelum pendaftaran ditutup. Kemudian kami juga meminta untuk menyiapkan salah satu tempat untuk calon mahasiswa ini melakukan rapid tes dan urus surat kesehatan lainnya sesuai dengan protokol kesehatan,” katanya.

ads

Senada dengan itu, Ketua Asrama Mimika, Francis Omega Kogoya menambahkan, Pemda segera memfasilitasi mahasiswa yang sudah lulus, tetapi sedang mengalami kewalahan agar sampai di Jayapura calon mahasiswa baru memilih jurusan dengan yang mereka cita-citakan.

Baca Juga:  PTFI Bina Pengusaha Muda Papua Melalui Papuan Bridge Program

“Kami minta untuk bapak Bupati, ketua DPRD dan jajarannya untuk fasilitasi Callon Mahasiswa. Supaya kami mau ada pergantian kami berikutnya. Jangan biarkan hingga adik-adik kami yang lulus ini tidak kuliah periode ini. Itu akan  rugi besar kedepan,” katanya.

Ia menjelaskan, ada yang menangani untuk melakukan pendaftaran online, tetapi katanya punya pengalaman sebelumnya karena jaringan kurang bagus.

Baca Juga:  Panglima TNI dan Negara Diminta Bertanggung Jawab Atas Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

“Sekarang ada YPMAK yang tangani untuk proses pendaftaran, namun sebaiknya pemda fasilitasi juga untuk mahasiswa masuk di jalur lokal di kampus negeri,” katanya.

Selain itu, Elgius Senawatme, salah satu mahasiswa senior Mimika di Kota Jayapura mengapresiasi permintaan mahasiswa, karena menurutnya niat pengurus mahasiswa baik untuk SDM kedepan.

“Intinya kami senior yang ada mendukung permintaan mahasiswa. Jadi kami senior juga sampaikan untuk pemda harus fasilitasi mahasiswa yang lulus SMA sekarang untuk keluar dari Timika,” katanya.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaFOTO: Tempat Wisata Air Terjun Klaisu, Genyem
Artikel berikutnyaFOTO: Bukit Jokowi di Papua