Raisa, Mantan Atlet Basket Nasional, Pemilik Usaha Party Planner

0
1845

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dari hanya sekedar hobi Raisa Aragay seorang mantan atlet nasional dan juga ibu rumah tangga membuka usaha untuk membantu perekonomian keluarga.

Raisa adalah seorang mantan atlet basket yang pernah mengikuti kejuaraan tingkat nasional sampai tingkat internasional dan mempunyai segudang prestasi dalam bidang olahraga.

“Banyak kejuaraan dari tingkat nasional sampai internasional. Pernah jadi Capten Asean School di Thailand dan itu pertama dalam event tersebut Indonesia meraih runner up 1. Kalau di Jakarta kaka sekolah di Ragunan khusus olahragawan dan Tim Club di Jakarta namanya Scorpio Jakarta kalau di Jayapura ini FMBBC Mandala,” ungkapnya.

Saat ditemui media Suara Papua dalam Pameran Pengusaha Muda Papua, Raisa menceritakan ide awalnya membuka usaha Party Planner  yang sudah dijalankannya hampir dua tahun ini.

“Sebenarnya ide buka usaha ini hanya dari hobi saja, hobi dekor-dekor jadi pikir kenapa tidak jadikan ini usaha saja. Usaha saya ini mau jalan dua tahun, bergerak di bidang party planner, ulang tahun, bridal shower, baby shower dan wedding juga bisa,” katanya.

ads
Baca Juga:  Penolakan Memori Banding, Gobay: Majelis Hakim PTTUN Manado Tidak Mengerti Konteks Papua

Usahanya itu terletak di Jl. Olahraga No 23E Paldam. Bisa diakses dari tempat pasar pagi. Raisa juga mengandalkan media sosial yaitu instagram sebagai alat bantu promosi yang dinamai @jayapurafifel.

Raisa juga menawarkan beberapa paket dengan ketentuan yang berbeda.

“Kalau paket yang paling murah untuk paket yang ulang tahun untuk 30 orang itu saya terima sekitar 2,5 juta sudah dengan dekor, dengan balon sekitar 200pc balon juga dengan cupcakes yang saya buat sendiri dan juga minuman-minuman. Untuk wedding organizer sendiri itu bisa requestan dari konsumen, tapi biasanya paket yang paling murah dan berani dekor itu untuk sekitar 100 orang, itu saya bisa dekor terima lima sampai tujuh juta,” ungkapnya.

Baca Juga:  Festival Angkat Sampah di Lembah Emereuw, Bentuk Kritik Terhadap Pemerintah

Raisa mengatakan manfaat yang didapat saat mengikuti program Prestasi Junior Indonesia (PJI) juga bermanfaat dalam menjalankan usahanya.

“Sangat banyak ilmu yang saya dapat, juga dapat banyak teman dan saya juga lebih banyak dapat konsumen. Karena selama ini orang tidak terlalu tau,” katanya.

Ibu tiga orang anak yang saat ini masih menempuh perkuliahan pada Universitas Yapis Papua jurusan Manajemen ini mengakui penghasilan setiap bulan yang ia dapat dari usaha keluarga yang di jalankan.

“Keluarga sangat mendukung karna memang ini usaha keluarga dan kaka yang dipercayakan. Kalau untuk omset perbulan itu saya bisa dapat dua juta sampai lima juta . Karyawan ada kebanyakan keluarga dan teman-teman di kompleks sekitar rumah, tapi kalau karyawan tetap ada empat orang,” ungkapnya.

Baca Juga:  ULMWP Kutuk Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Dia mengaku, mempunyai tantangan dalam menjalankan usaha. Raisa juga berpesan bagi anak muda agar jangan hanya terfokus untuk menjadi pegawai negeri melainkan mencoba untuk menjadi wirausahawan.

Tantangannya, kata dia, karna banyak pesaing yang bagus dan lebih banyak mengenal atau mempunyai koneksi ke dalam pemerintahan jadi kita yang punya usaha yang baru ini susah mendapatkan tempat.

“Saya punya pesan buat teman-teman muda, ayo mari jangan semua terfokus hanya untuk mau jadi PNS tapi wirausaha juga, karena ini sangat gampang dan mudah. Kita punya potensi di Papua sangat banyak kalau kita sendiri tidak memulai nanti orang lain yang mulai baru kita marah-marah. Jadi lebih baik kita sendiri sama-sama berusaha maju kedalam dunia usaha. Karena usaha sangat menjanjikan,” harapnya.

Pewarta: Lenny Aninam

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaEks Napol Papua Tolak Otsus Jilid II
Artikel berikutnyaPemuda dan Mahasiswa Yahukimo Tolak Otsus Jilid II