BeritaKPU Yahukimo Akan Buka Pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil

KPU Yahukimo Akan Buka Pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yahukimo akan membuka Pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yahukimo mulai tanggal 4 hingga 6 September 2020.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Yahukimo, Yesaya Magayang saat melakukan dialog interaktif tahapan dan persiapan Pilkada serentak tahun 2020 di LPPL Bumi Sumohai (RBS) Yahukimo, Senin (31/8/2020).

Yesaya Magayang menjelaskan, pengumuman perlengkapan syarat bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Yahukimo telah dikeluarkan pihaknya tanggal 28 Agustus 2020, maka selanjutnya akan dilakukan pendaftaran secara resmi.

Baca Juga:  20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

“Maka diharapkan agar para bakal calon untuk segera melengkapinya. Tahapan sendiri kami sudah melakukan perekrutan PPD dan PPDP pada beberapa bulan yang lalu,” jelas Yesaya.

Solusi Mirin, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Yahukimo mengakui dalam mempersiapkan semua tahapan, pihaknya telah merekrut panitia pengawas tingkat distrik di 51 distrik di Kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  Yakobus Dumupa Nyatakan Siap Maju di Pemilihan Gubernur Papua Tengah

“Panwas distrik sebanyak 153 orang, 1 distrik 3 orang. Sekretariat 255 orang, 1 distrik 5 orang staf, dan PPL 512. Artinya jumlah kampung yang akan melakukan Pilkada tahun 2020 sebanyak 512 dari 517 kampung. Karena beberapa kampung sudah pindah ke Kabupaten Asmat,” jelasnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020, pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap setiap tahapan.

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

“Kami akan kawal terus proses dan program yang sedang berlangsung, mulai dari perekrutan PPD, PPDP dan pencocokan data penduduk tingkat kampung oleh PPDP,” tukasnya.

 

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Siswa SMKN 1 Paniai Lulus Dengan Nilai Memuaskan, Kepsek: Kami Bangga

0
"Sesuai dengan visi sekolah ini 'menciptakan manusia yang produktif', saya harap anak-anak yang sudah lulus ini dapat terus lanjut pendidikan. Tidak boleh putus, pokoknya harus lanjut supaya jadi manusia yang produktif. Bisa ciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan dapat bersaing dalam dunia kerja," harapnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.