Mengakhiri Penderitaan, Rakyat Papua Diminta Wajib Bersatu Dalam ULMWP

0
2572
Upacara penyambutan Komite Aksi ULMWP di Markas Kodap II. (Onoy Lokobal - SP)
adv
loading...

WAMENA, SUARAPAPUA.com— Ketua Komite Aksi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Serogo Walela,  minta demi mengakhiri penderitaan panjang yang di alami oleh Rakyat Papua, sejak 1960 hingga 2020, maka seluruh basis perjuang agar semua wajib bersatu dalam wadah politik ULMWP. 

“Kami Komite Aksi ULMWP datang di tempat ini untuk sampaikan sosialisasi, kesan dan pesan untuk bagaimana wujudkan persatuan di seluruh basis rakyat. Kami menyerukan dan sampaikan sosialisasi agar semua bisa bersatu dalam wadah politik ULMWP,” jelas Walela kepada suarapapua.com usai sosialisasi di Kodap Wilayah II belum lama ini.

Baca Juga:  Konflik Horizontal di Keneyam Masih Berlanjut, Begini Tuntutan IPMNI

Selain sosialisasi di markas Kodap II kata Serogo, pihaknya lakukan sosialisasi serupa di sejumlah tempat basis pertahanan di Wilayah Laapago, teruama bersatu di dalam ULMWP melalui West Papua Army.

“Saya menyampaikan atas nama Allah Bangsa Papua Barat, alam dan tulang belulang bangsa yang telah mendahului kami. Kami telah mengikuti proses perjuangan yang begitu panjang, sejak tahun 1960an sampai 2020. Kami juga telah mengikuti  proses penderitaan yang cukup panjang, maka telah terbentuk ULMWP. Maka itu kami seluruh rakyat dan seluruh pertahanan di seluruh teritori West Papua untuk menyatakan persatuan, entah sipil maupun militer.”

Baca Juga:  Badan Pelayan Baru Jemaat Gereja Baptis Subaga Wamena Terbentuk

Ia lalu mengatakan, pihaknya akan memulai berjalan di atas komando persatuan yang telah terbentuk. Persatuan adalah kunci untuk mencapai Nasip Penetuan Rakyat Bangsa Papua.

ads

Untuk itu, ia ajak agar besama-sama semua elemen perjuangan Papua menjaga persatuan pergerakan yang ada, yaitu militer maupun sipil, dalam negeri maupun di luar negeri.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas waktu dan kesempatan kepada pihak komite aksi ULMWP untuk menyampaikan hal-hal terkait persatuan dalam perjuangan ini.

Kepalah Staf Kodap II yang tidak meu namanya disebutkan menegaskan kepada dunia internasional melalui pimpinan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) tuan Benny Wenda untuk segera merubah United Liberation Movement West Papua (ULMWP) menjadi Negara West Papua.

Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

“Kami dari Honai (pertahanan) Kodap II mintah kepada tuan Benny Wenda dan Edison Waromi bahwa kami suda habis dan sisa sedikit, sehingga kami dari orang  orang tua dari Kodap II minta untuk mohon minta Negara-negara pendukung dukung ULMWP menjadi wadah negara,” tukas Kepala Staf Kodap II.

 

Pewarta: Onoy Lokobal

Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaSalomo Mofu, Penginjil dan Guru GKI di Wilayah X Telah Pergi
Artikel berikutnyaFOTO: Warga Keluhkan Kendaraan Besar yang Mengakibatkan Kemacetan di Skayland