PartnersKemerdekaan Bougainville Akan Dibicarakan Pada November 2020

Kemerdekaan Bougainville Akan Dibicarakan Pada November 2020

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Jadwal konsultasi tentang hasil referendum kemerdekaan Bougainville akan ditetapkan pada November 2020, demikian dengar pendapat parlemen Papua Nugini belum lama ini.

Hal ini diungkapkan Menteri Urusan Bougainville, Puka Temu hari ini, sebagaimana dilaporkan RNZ Pacific menanggapi pertanyaan tanpa pemberitahuan dari Anggota Parlemen Bougainville Pusat, Sam Akoitai.

Akoitai bertanya kepada menteri tentang kemajuan apa yang telah dibuat dalam konsultasi hasil referendum 2019, di mana 98 persen mendukung kemerdekaan Bougainville dari PNG.

Baca Juga:  Prancis Mendukung Aturan Pemilihan Umum Baru Untuk Kaledonia Baru

Puka mengatakan, meskipun Badan Pengawas Gabungan yang mengawasi konsultasi telah berhenti selama pemilihan Bougainville , ‘tim teknis’ telah bertemu secara teratur.
Katanya, ketika pemerintahan baru dibentuk di Daerah Otonomi di bawah presiden baru, konsultasi akan dapat dimulai kembali.

“Setelah mereka semua dilantik dan semua sudah diberi pengarahan, saya kira setelah sidang anggaran di bulan November nanti, kita akan ada pertemuan pertama Badan Pengawas Bersama, dimana kita akan menyetujui jadwal konsultasi selama periode 2021,” tukasnya. (*)

Baca Juga:  Polisi Bougainville Berharap Kekerasan di Selatan Mereda

Terkini

Populer Minggu Ini:

Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengingatkan pengurus partai politik di kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, untuk transparan dalam tahapan pendaftaran...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.