BeritaUsai Turnamen Futsal Sukses, Ini Agenda Berikut KNPI Dogiyai

Usai Turnamen Futsal Sukses, Ini Agenda Berikut KNPI Dogiyai

MOWANEMANI, SUARAPAPUA.com — Usai turnamen futsal Liga Pemuda I Cup sukses diselenggarakan DPD KNPI kabupaten Dogiyai yang diikuti 4, tim dan resmi ditutup Selasa (20/10/2020), selanjutnya beberapa kegiatan lain akan diadakan dengan melibatkan seluruh pemuda dari 10 distrik.

“Setelah kegiatan turnamen futsal ini, kami juga akan melaksanakan kegiatan perlombaan vokal grup akustik dan festival musik pemuda,” kata Bernardo Boma, ketua DPD KNPI kabupaten Dogiyai, saat menyampaikan sambutan pada penutupan turnamen di lapangan futsal Pasar Baru Tokapo, Mowanemani, distrik Kamuu.

Bernardo menjelaskan, lomba vokal grup akustik akan dirangkai dengan festival musik sebagai pucak kegiatannya.

Baca Juga:  Tak Patuhi Aturan, 38 Anggota PPD di Intan Jaya Diberhentikan Sementara

“Dalam kegiatan tersebut kami tetap melibatkan seluruh tim grup musik dari berbagai kategori agar semua pihak bisa berpartisipasi,” ujarnya.

Ia berharap, tiga agenda tahunan ini memberi ruang bagi pemuda mengekspresikan kebolehannya di bidang seni dan olahraga.

“Sebab saya sangat yakin bahwa banyak anak muda dari kabupaten ini yang belum digali potensinya, sehingga kami rancang beberapa kegiatan supaya itu menjadi wadah untuk bisa ditampilkan.”

Seperti futsal, Boma yakin, turnamen ini sebagai bagian dari upaya pembinaan kepemudaan untuk menggali potensi pemuda di bidang olahraga.

“Dan memang terbukti banyak bibit muda yang tampil luar biasa selama turnamen futsal berlangsung,” puji Bernardo.

Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

Kegiatan ini juga menurutnya tak terlepas dari konsolidasi pemuda di kabupaten Dogiyai.

“Dalam kegiatan kepemudaan ke depan kami membutuhkan partisipasi dari 10 distrik beserta OPD di lingkungan pemerintah kabupaten Dogiyai agar para pemuda dan masyarakat benar-benar ikut merasakan kehadiran pemerintah dalam kegiatan pembinaan sosial kemasyarakatan,” tandas Boma.

Yudas Tebai, kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kabupaten Dogiyai, mengapresiasi pengurus KNPI bersama panitia atas inisiatifnya mengadakan turnamen futsal melibatkan para pemuda dari 10 distrik dengan mengikutkan klub kebanggaan masing-masing.

Pemerintah daerah dalam hal ini OPD yang dipimpinnya tetap mendukung kegiatan kepemudaan mengingat besarnya manfaat demi menangkal berbagai pengaruh kurang baik.

Baca Juga:  PWI Pusat Awali Pra UKW, 30 Wartawan di Papua Tengah Siap Mengikuti UKW

Hal ini seturut harapan Bupati Yakobus Dumupa pada saat pembukaan, bahwa kegiatan kepemudaan, salah satunya bidang olahraga futsal sangat penting diadakan agar meminimalisir hal-hal negatif yang dampaknya merugikan para pemuda itu sendiri maupun masyarakat  di kabupaten Dogiyai.

Diketahui, turnamen futsal diikuti 43 tim —dua diantaranya berasal dari dua kabupaten tetangga— yang dipertandingkan sejak Kamis (1/10/2020) usai dibuka secara resmi Bupati Yakobus Dumupa didampingi para pejabat teras termasuk kepala dinas Dikpora kabupaten Dogiyai.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Gereja Pasifik Desak MSG Keluarkan Indonesia Jika Tidak Memfasilitasi Komisi HAM...

0
“Dengan berakhirnya Pertemuan Pejabat Luar Negeri Melanesian Spearhead Group untuk mengantisipasi Pertemuan Para Pemimpin MSG yang akan datang, pertanyaannya adalah, bagaimana mungkin MSG akan terus membiarkan Indonesia, yang memiliki kebijakan dan praktik yang merendahkan martabat, melemahkan, dan menghilangkan hak-hak perempuan, anak-anak, dan laki-laki Melanesia - sesama anggota MSG, tetap menjadi anggota?”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.