BeritaLP3BH Anggap Komentar Fadli Zon Basi

LP3BH Anggap Komentar Fadli Zon Basi

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari menilai komentar Fadli Zon soal HAM di Tanah Papua cenderung tak proporsional.

Pendapat ini disampaikan Yan Christian Warinussy, direktur eksekutif LP3BH Manokwari, merespons pernyataan Fadli Zon soal isu HAM Papua, seusai terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat.

“Pada prinsipnya, komentar Fadli Zon itu tidak proporsional dan cenderung basi,” katanya saat dihubungi suarapapua.com, Minggu (8/11/2020) kemarin.

Baca Juga:  ULMWP Desak Dewan HAM PBB Membentuk Tim Investigasi HAM Ke Tanah Papua

Sebab, kata Warinussy, Joe Biden adalah presiden terpilih sebuah negara merdeka super power bernama Amerika Serikat.

“Saya kira isu pelanggaran HAM Berat di Tanah Papua tentu akan menjadi hal yang rajin ditanyakan oleh pemerintah USA kepada Indonesia, baik kepada presiden maupun terutama kepada masyarakat sipil,” tegasnya.

Joe Biden-Kamala Harris didukung partai demokrat dengan visi menghormati HAM dan kelompok minoritas di dunia, kata Warinussy, sikap politiknya ke depan tentu akan dipengaruhi visi besar partai itu.

Baca Juga:  Pelaku Penyiksaan Harus Diadili, Desakan Copot Pangdam Cenderawasih Terus Disuarakan

“Saya kira kita akan lihat pengaruhnya saat presiden Biden bersama wapres Harris mengumumkan kabinetnya.”

“Kemudian kepemimpinan Joe Biden akan dipengaruhi oleh siapa? Apakah demokrat atau republik yang menguasai senat dan kongres?,” beber Warinussy.

Fadli Zon, Anggota Komisi Luar Negeri atau Komisi I DPR, berharap Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden tidak terlalu mencampuri isu HAM di Indonesia.

Baca Juga:  Jokowi Didesak Pecat Aparat TNI yang Melakukan Penganiayaan Terhadap Warga Papua

“Kita berharap Biden tak masuk isu-isu detail soal Papua atau politik domestik terkait hak asasi manusia,” kata Fadli Zon, Minggu (8/11/2020), dilansir tempo.co.

Pewarta: Yance Agapa
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Manasseh Sogavare Mengundurkan Diri Dari Pencalonan Perdana Menteri

0
“Saya sangat menyadari tantangan yang ada dan saya tahu bahwa terkadang hal ini dapat menjadi beban dan kesepian; namun saya yakin bahwa saya terhibur dengan kebijakan yang baik yang kami miliki dan solidaritas dalam koalisi kami.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.