Jurnalis di Papua Dibekali Pengetahuan Meliput PON

0
1141
Foto bersama usai pembukaan pelatihan jurnalis meliput PON Papua. (Charles Maniani - SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Provinsi Papua menggelar pelatihan Jurnalis Peliputan PON XX yang akan diselenggarakan di Papua, pada Oktober 2021.

Kegiatan yang dimulai, Rabu (20-22/01/2021) di Kota Jayapura, Papua itu diikuti sebanyak 100 orang peserta, terdiri dari 75 orang di sekitar Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, 15 orang dari Timika dan 10 orang dari Merauke.

Sekretaris Umum PB PON XX Papua, Elia Loupatty dalam sambutannya mengatakan kepada para jurnalis agar lebih berhati-hati dengan aspek teknis pemberitaannya, supaya menghasilkan produk berita dan foto yang berkualitas untuk dipublikasikan.

Baca Juga:  MRP Sesalkan Pernyataan Ismail Asso dan Mendukung Proses Hukum

“Kiranya dalam pelatihan ini, semua jurnalis memiliki keahlian dalam menulis berita yang berkualitas dan kalian harus buktikan bahwa jurnalis Papua tidak kalah bersaing dengan daerah lain. Torang bisa, jurnalis Papua bisa,” ujar Elia dalam paparannya.

Staf Ahli Gubernur Papua, Bidang Pembangunan Otonomi Khusus, Triwarno Purnomo yang hadir mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe mengapresiasi kegiatan tersebut.

ads
Baca Juga:  Warinussy Minta Kapolres Jayapura Diperiksa Karena ‘Membiarkan’ Warga Sipil Bertindak Arogan di Mapolres

Purnomo berharap agar hasil dari pelatihan ini melahirkan jurnalis Papua yang profesional dalam menulis berita terkait PON tersebut.

Ratusan Wartawan Lokal di Papua mengikuti Pelatihan Jurnalis Peliputan PON XX Papua 2021 di Kota Jayapura. (Charles Maniani – SP)

“PON XX Papua sukses itu atas dukungan media, di mana menpublikasikan prestasi yang diraih untuk dikabarkan ke seluruh dunia. Oleh sebab itu para jurnalis dituntut menghasilkan kualitas berita yang berbobot,” ucapnya.

Ketua Panitia Pelatihan Jurnalis meliput PON Papua, Jean Bisay mengatakan, kegiatan yang digelar itu telah menghadirkan jurnalis olahraga berkompeten di Papua, agar mampu bersaing dengan media lain yang mampu menguasai Prosedur Operasi Standar (SOP) PON. Supaya mampu menjadikan olahraga dan venue dalam empat klaster dan memiliki teknik yang ampuh.

Baca Juga:  Pembangunan RS UPT Vertikal Papua Wajib Perhatikan Dampak Lingkungan

Dalam pelatihan itu, pihaknya membagi beberapa kelas, termasuk sesi menceritakan pengalaman dalam meliput PON kegiatan-kegiatan besar lainnya.

 

Pewarta: Charles Maniani
Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaPeduli Kota, The Macz Man Bersama Tiga Organisasi Pemuda Bersihkan Kota Wamena
Artikel berikutnyaTPNPB Mengaku Menembak Mati 8 Anggota TNI/Polri di Hitadipa