BeritaBPJS Kesehatan Cabang Wamena Teken Kerjasama Dengan Pemkab Nduga

BPJS Kesehatan Cabang Wamena Teken Kerjasama Dengan Pemkab Nduga

WAMENA, SUARAPAPUA.com— Kepala Badan Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Wamena, Freda Yanne Imbiri, mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Nduga telah melakukan penandatanganan kerja sama. Kerja sama tersebut menurutnya, untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada seluruh penduduk di wilayah Kabupaten Nduga.

“Kami BPJS Kesehatan Cabang Wamena telah melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dengan Bupati Nduga, pada Rabu (17/02/2021)” ungkap Freda Yanne Imbiri, Kepala BPJN kesehatan cabang Wamena, melalui rilisnya kepada suarapapua.com di Wamena, Selasa (23/2/2021).

Terkait jumlah penduduk dan jumlah peserta JKN-KIS yang telah terdaftar, katanya bahwa jumlah penduduk Kabupaten Nduga saat ini mencapai 109.565 jiwa, sedangkan penduduk yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari segmen APBN adalah sebanyak 82.107 jiwa.

“Dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama ini, maka Pemerintah Kabupaten Nduga telah mendaftarkan penduduknya sebanyak 7.000 jiwa menjadi peserta JKN-KIS per Maret 2021. Harapan kami, komitmen pemerintah daerah setempat dapat memacu daerah lainnya untuk ikut bergerak mendaftarkan warganya ke dalam program JKN-KIS,” tukasnya.

Baca Juga:  10 Nakes Mimika Ikuti Konferensi Internasional Neurovaskular

Persetujuan penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan untuk jangka waktu selama 10 bulan, terhitung 1 Maret hingga 31 Desember 2021.

Sementara, data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), menurutnya pihaknya telah melakukan koordinasi secara rutin dengan sekretaris dinas sosial Nduga.

“Jadi, untuk masyarakat Kabupaten Nduga yang terdata dalam DTKS berjumlah 21 jiwa, non DTKS berjumlah 47 jiwa, sehingga total keseluruhan yakni 68 jiwa. Data Kepesertaan PBPU dan BP Pemda yang rencananya akan di integrasikan ke Jamkesda adalah sejumlah 10.000 jiwa.”

Sementara, Wakil Bupati Kabupaten Nduga, Wentius Nimiangge, memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan Cabang Wamena atas dilakukannya kerja sama untuk menjawab keresahan warga masyarakat Kabupaten Nduga atas jaminan layanan kesehatan.

“Kami Pemerintah Kabupaten Nduga mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, karena adanya program JKN-KIS ini dapat menjawab keresahan masyarakat di Kabupaten Nduga dalam hal penjaminan layanan kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga:  Galang Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Bencana Alam di Yahukimo, KPMY Buka Posko



Pewarta: Onoy Lokobal

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Mendukung Pilkada 2024, Pemkab Lanny Jaya Serahkan Dana Hibah Tahap Kedua

0
"Pilkada adalah salah satu agenda penting yang juga kita lakukan di tingkat lokal. Seluruh masyarakat berharap Pilkada dapat dilaksanakan secara aman, jujur, dan adil sesuai pilihan masyarakat, serta kepala daerah yang nantinya terpilih juga berkompeten dan berintegritas agar dapat menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik demi mencapai kesejahteraan sesuai harapan masyarakat," tutur Alpius Yigibalom.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.