Ini 4 Program Prioritas Spei – Kalakmabin untuk Pegunungan Bintang

0
1931

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Bupati terpilih kabupaten Pegunungan Bintang Spei Y. Bidana, Wabup Piter Kalakmabin, akan melaunching empat program perioritas untuk masyarakat Pegubin.

Hal tersebut disampaikan Bupati terpilih kabupaten Pegunungan Bintang Spei Y. Bidana, kepada wartawan kemarin di Sabtu, (6/3/2021), Jayapura, Papua.

“Saya naik ke Pegubin ini langsung launching empat program. Pertama, tentang pengelolaan good government berbasis web terutama pengelolaan dana beasiswa online, pengelolaan data monografi desa, pengelolaan pembangunan desa berbasis web dan dana penelitian website tentang pengembangan SDM,” ungkap Bidana.

Baca Juga:  Puskesmas, Jembatan dan Kantor Lapter Distrik Talambo Rusak Dihantam Longsor

Lanjutnya, program kedua yaitu kerjasama MOU dengan dua yayasan diantaranya yayasan Binterbusih dan yayasan Alirena Papua semua khusus di bidang pengembangan.

“Yayasan Alirena Papua lebih kepada pengembangan pendidikan mulai dari penyiapan SDM dari guru-guru di tingkat dasar SD, SMP, SMA dengan targetnya anak Pegubin tidak keluar dari kabupaten, dimana mereka di didik semua di kabupaten sehingga mereka tidak kehilangan budayanya,” kata bupati.

ads
Baca Juga:  Tragedi Penembakan Massa Aksi di Dekai 15 Maret 2022 Diminta Diungkap

Lanjutnya, yayasan Binterbusih lebih pada pengembangan karakter pembinaan mahasiswa seluruh Indonesia bahkan dunia.

Bupati menjelaskan, program ketiga yaitu penataan pengelolaan pemerintahan dan berikutnya penyerahan DPA tahun anggaran 2021.

“Untuk memastikan 100 hari kerja kedepan listrik di kota Oksibil harus menyala 24 jam dengan air bersih,” katanya.

Program keempat yaitu penyediaan dana pendidikan untuk anak-anak Pegunungan Bintang dengan target pengembangan SDM, setiap tahun 2 ribu anak-anak Pegubin menyelesaikan strata satu (S-I), 500 anak Magister, (S-2) dan 10 anak Doktor tiap tahun.

Baca Juga:  Aktivitas Belajar Mengajar Mandek, Butuh Perhatian Pemda Sorong dan PT Petrogas

Wakil Bupati Pegubin, Piter Kalakmabin, yang akan selalu mendukung dan membantu Bupati Spey Yan Bidana dalam melaksanakan program kerja yang tertuang dalam visi dan misi bersama.

“Tugas berat kami berdua, bagaimana membangun Pegunungan Bintang ke depan. Dan itu butuh kerja sama dari semua pihak biar visi – misi kami bisa terwujud dan dirasakan oleh masyarakat,” tegasnya.

Pewarta : Agus Pabika
Editor : Arnold Belau

Artikel sebelumnyaLagi, TNI Tembak Mati Seorang Pemuda di Intan Jaya
Artikel berikutnyaKlaim TNI Soal Melianus Nayagau Tidak Dikenal Warga Setempat Tidak Benar