AMPP: Kejari Sorong Harus Tetapkan Tersangka Kasus Korupsi ATK 8 Miliar

0
1141

SORONG, SUARAPAPUA.com— Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Pembangunan (AMPP) mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong mendesak Kepala Kejari Sorong untuk menetapkan status pelaku penyelewengan dana ATK senilai  8 milyar rupiah pada BPKAD Kota Sorong yang bersumber dari APBD 2017 sebagai tersangka. 

“8 M bukan dana yang sedikit. Kami minta kejaksaan untuk segara usut tuntas dana tersebut dan segera tetapkan tersangka,” tegas Muhajir ketua AMPP pada Senin (15/3/2021) di Kota Sorong.

Baca Juga:  HRM Rilis Laporan Tahunan 2023 Tentang HAM dan Konflik di Tanah Papua

Muhajir menjelaskan, pihaknya melakukan long march dari gor pancasila ke Kejaksaan Negeri Sorong mendesak  Kepala Kejaksaan Negeri Sorong dan jajarannya segera memeriksa semua pihak yang terlibat dan menetapkan status tersangka bagi pelaku penyelewengan dana APBD tahun 2017 Kota Sorong senilai 8 milyar untuk pembelian ATK.

Sementara itu, Jhon Malibela, Koordinator aksi mendesak Kejari Sorong untuk menggunakan kapasitasnya sebagai lembaga penegak hukum untuk memanggil Wali Kota Sorong dan ketua DPRD untuk melakukan pemeriksaan karena di duga terlibat dalam kasus tersebut.

Baca Juga:  Situasi Paniai Sejak Jasad Danramil Agadide Ditemukan

“Kejari Sorong segera memanggil Wali Kota Sorong dan Ketua DPRD lalu periksa mereka,” tegas Jhon Malibela.

ads

Selain itu, kata dia, pihaknya juga memberikan ultimatum kepada Kejari Sorong akan melakukan aksi yang lebih besar jika tuntutan mereka tidak ditindaklanjuti.

“Kami berikan waktu selama 2 minggu kedepan, harus ada yang menjadi tersangka dalam kasus ini. Jika tidak, kami akan konsolidasi masa yang lebih besar untuk menduduki kantor Kejaksaan Negeri Sorong,” pungkasnya.

Baca Juga:  Suku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

Pewarta: Reiner Brabar

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnya12 NGO Internasional Sampaikan Kondisi West Papua dalam Sidang HAM PBB 2021
Artikel berikutnyaKajari Sorong Berkomitmen untuk Tuntaskan Kasus Korupsi di Tambrauw