Tanah PapuaDomberaiSuku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

Suku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

Editor :
Elisa Sekenyap

SORONG, SUARAPAPUA.com— Masyarakat adat suku Abun yang berasal dari Kabupaten Tambrauw dan yang berada saat ini di kota dan kabupaten Sorong mendukung semua bakal calon bupati kabupaten Tambrauw yang berasal dari suku Abun pada pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) 2024.

Pernyataan itu disampaikan kepala suku besar Abun, Raffles Kombo Yewen usai acara Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilaksanakan di Aula Imanuel, Remu Kota Sorong, Rabu 17 April 2024 yang diinisiasi oleh kepala suku dan Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Abun yang dihadiri mahasiswa, pemuda, tokoh adat,agama dan perempuan.

Menurut Raffles, RDP yang dilakukan bertujuan untuk memastikan perwakilan suku Abun yang akan bertarung dalam pesta demokrasi pemilihan kepala daerah kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya.

Baca Juga:  Dua Calon Anggota DPD RI Ancam Pidanakan Komisioner KPU Tambrauw

“Kegiatan ini untuk menyatukan pikiran orang Tambrauw terlebih khusus suku Abun dalam Pemilukada 2024 di kabupaten Tambrauw,” katanya kepada surapapua.com usai kegiatan RDP.

Mantan anggota MRPB itu mengakui masyarakat adat suku Abun yang hadir dalam kegiatan tersebut mendesak agar para figur-figur terbaik yang saat ini mempersiapkan diri mewakili suku Abun maju sebagai bakal calon bupati bukan sebagai bakal calon wakil bupati.

“Hasil RDP ini masyarakat Tambrauw bersikeras agar putra-putri asal suku Abun yang sedang mempersiapkan diri untuk bertarung dalam Pemilukada 2024 sebagai bakal calon bupati,” ungkap Yewen.

Baca Juga:  Demo KPU, Massa Aksi Tuntut Keterwakilan Tambrauw di DPR PBD

Raffles juga mengingatkan bahwa tahapan pendaftaran di partai politik sudah mulai berjalan, untuk itu ia mengajak seluruh masyarakat suku Abun untuk tidak saling menyerang.

“Tahapan ini sedang berjalan, siapapun yang nanti lolos verifikasi di KPU dan mewakili suku Abun dalam Pilkada wajib untuk di dukung,” ujarnya.

Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Abun, Nelwan Yeblo menambahkan dari hasil Rapat Dengar Pendapat tersebut ada sejumlah figur terbaik suku Abun yang telah siap untuk untuk bertarung dalam Pilkada dan saat ini sedang mempersiapkan segala persyaratan.

“Ada sejumlah nama yang tawarkan oleh masyarakat adat suku Abun untuk maju sebagai bakal calon bupati Tambrauw, seperti Raffles Yewen, Mesakh Yekwam, Yohanis Yesawen, Yoseph Yewen, Yohanis Yembra. Namun tidak menutup kemungkinan ada sejumlah nama lain akan muncul lagi seiring berjalannya waktu,” katanya.

Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

Oleh sebab itu, Nelwan berharap komitmen masyarakat adat suku Abun dapat dipertahankan untuk mendukung siapapun yang nantinya lolos verifikasi KPU sebagai calon bupati Tambrauw mewakili suku Abun.

“Masyarakat harus tetap konsisten dengan apa yang disampaikan dalam kegiatan ini. Yang terlebih penting masyarakat harus menjaga keamanan di Tambrauw sehingga semua kegiatan berjalan dengan aman dan damai mulai dari tahapan hingga selesai Pilkada 2024 nantinya,” pesannya.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Perda Pengakuan dan Perlindungan MHA di PBD Belum Diterapkan

0
“Kami bersama AMAN Sorong Raya akan melakukan upaya-upaya agar Perda PPMHA  yang telah diterbitkan oleh beberapa kabupaten ini dapat direvisi. Untuk itu, sangat penting semua pihak duduk bersama dan membicarakan agar Perda PPMHA bisa lebih terarah dan terfokus,” ujar Ayub Paa.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.