BeritaDPRD Kab. Sorong Diminta Bentuk Pansus Tangani PHK Buruh PT IKJS

DPRD Kab. Sorong Diminta Bentuk Pansus Tangani PHK Buruh PT IKJS

AIMAS, SUARAPAPUA.com— DPRD Kabupaten Sorong ditantang agar membentuk Panitia Khusus (Pansus) penyelidikan dan penyelesaian permasalahan kasus buruh kelapa sawit yang dinilai telah di PHK sepihak oleh PT. Inti Kebun Sejahterah (IKJS).

“Pernyataan lepas tangan yang keluarkan oleh ketua DPRD Kabupaten Sorong di hadap masa aksi sangat tidak pantas apalagi sebagai wakil rakyat,” jelas Ambo Klaligit, pemuda Suku Moi di Sorong, Papua Barat, Kamis (18/3/2021).

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

Menurutnya, pernyataan tersebut tidak wajar apalagi pernyataan tersebut di sampaikan oleh seorang pimpinan anggota DPRD.

“DPRD harus membentuk Pansus untuk menyelidiki dan menyelesaikan permasalahan hak-hak buruh yang sudah hampir 1 tahun di suarakan,” tegas Ambo.

Agus Batjilit, kordinator para buruh mengatakan “kami akan terus mendesak pemerintah untuk melihat permasalahan ini. Sudah 3 kali dilakukan mediasi dengan pihak pemerintah, namun belum membuahkan hasil yang baik,” tukas Agus Batjilit.

Baca Juga:  Kotak Suara Dibuka di Pleno Tingkat Provinsi PBD, Berkas C1 Tak Ditemukan

Pihak buruh telah melakukan upaya-upaya untuk mediasi dengan pihak perusahaan maupun pemerintah, namun belum mendapatkan jawaban yang baik dari kedua bela pihak.

Sementara itu, ketua DPRD Kabupaten Sorong, Habel Yandafle saat dikomfirmasi suarapapua.com mengatakan, pihaknya di DPRD telah melakukan upaya, namun pihak perusahaan sendiri tetap berkomitmen untuk tidak membayar pesangon kepada parah buruh.

“Kami sudah berupaya mediasi dengan pihak perusahaan, namun perusahaan tetap pada pendirian mereka untuk tidak membayar pesangon para buruh yang di PHK,” jelas Yandafle.

Baca Juga:  Rakyat Papua Menolak Pemindahan Makam Tokoh Besar Papua Dortheys Eluay

Sedangkan tuntutan pembentukan Pansus DPRD Kabupaten Sorong belum bisa diputuskan, sebab butuh kesepakatan antara dari pihak.

“Kita harus rapat dulu ada mekanisme yang harus diikuti DPRD. Nanti hasil rapat seperti keputusannya bentuk Pansus atau tidak kita tunggu keputusan bersama,” pungkasnya.

Pewarta: Reiner Brabar

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Poksus DPR Papua Mendukung Upaya MRP Soal Rekrutmen Politik

0
“Ini sebagai bentuk integrasi bangsa. Dan untuk mewujudkan pikiran ini, maka diharapkan bapak Presiden Republik Indonesia dapat meninggalkan legacy dengan diatur dalam Perppu dan diharapkan KPU dapat membuat PKPU Khusus Papua,” kata John Gluba Gebze.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.