BeritaWabup Yahukimo Berjanji Antar Aspirasi Penolakan Otsus ke MRP dan DPRP

Wabup Yahukimo Berjanji Antar Aspirasi Penolakan Otsus ke MRP dan DPRP

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Aspirasi aksi demo damai rakyat Papua di Yahukimo terkait penolakan perpanjangan Otsus Papua dan penolakan daerah otonomi baru yang digelar pada 7 April 2021 di terima Wakil Bupati Kabupaten Yahukimo, Yulianus Heluka.

“Kebetulan sekarang tidak ada DPRD di sini, karena lagi sidang pengesahan APBD di Jayapura. Saya menerima aspirasi ini. Jadi aspirasi akan di teruskan ke DPRD Yahukimo,” kata Heluka di atas mobil komando masa aksi di Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  Pelaku Penyiksaan Harus Diadili, Desakan Copot Pangdam Cenderawasih Terus Disuarakan

Heluka mengatakan, aspirasi rakyat akan disampaikan kepada DPRD Yahukimo, kemudian akan dilanjutkan ke DPRP provinsi dan MRP bersama koordinator aksi.

“Nanti beberapa orang pengurus kedua organisasi sama sama dengan saya ikut lanjutkan aspirasi ini sampai di provinsi ya,” ucapnya.

Ia bersyukur, karena waktu awal dilantik dan masa berakhir sebagai wakil bupati, dirinya diperhadapkan dengan aksi massa serupa.

Baca Juga:  Sidang Dugaan Korupsi Gereja Kingmi Mile 32 Timika Berlanjut, Nasib EO?

“Setelah saya dan bapa Abock dipercaya masyarakat untuk memimpin Yahukimo selama lima tahun. Waktu itu saya terima aspirasi seperti ini. Sekarang kami mau berakhir, saya terima aspirasi lagi. Semoga ke depannya ada pemerintahan yang hadir langsung di lapangan terima aspirasi,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Elius, ketua Himpunan Alumni se-Jawa Bali dan Sumatera mengatakan, sebelumnya pihaknya berencana mengantar aspirasi rakyat langsung ke MRP dan DPRP, sehingga akan diwujudkan.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

“Sesuai rencana kami akan antar bersama bapak bupati ke Jayapura.”

 

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

22 Mei 2024 Akan Dirayakan 130 Tahun Misi Katolik di Tanah...

0
“Pada momentum 130 tahun ini, kami mengajak seluruh umat Katolik di Tanah Papua, yang meliputi Keuskupan Agung Merauke, Keuskupan Jayapura, Keuskupan Manokwari-Sorong, Keuskupan Agats, dan Keuskupan Timika agar merayakan Hari Misi Katolik di Tanah Papua dengan cara masing-masing dan sesuai dengan kebutuhan daerah setempat,” urainya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.