PartnersHasil Penghitungan Suara Samoa Akan Diumumkan Malam Ini

Hasil Penghitungan Suara Samoa Akan Diumumkan Malam Ini

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Komisioner Pemilu Samoa, Faimalomatumua Mathew Lemisio, mengonfirmasi bahwa hasil pemilu akan diumumkan Jumat malam ini.

Ada penantian selama seminggu setelah hasil sementara gantungan tebing yang mempertaruhkan dua partai utama.

Baik pendatang baru, Partai FAST, dan HRPP, yang telah memegang tampuk kekuasaan selama hampir 40 tahun, masing-masing memiliki 25 kursi, dengan satu kursi independen.

Baca Juga:  Manasseh Sogavare Mengundurkan Diri Dari Pencalonan Perdana Menteri

Faimalomatumua mengatakan hanya penghitungan ulang daerah pemilihan di Savaii yang harus dilakukan hari ini sebelum hasilnya diserahkan kepada Kepala Negara.

Dia mengatakan, sejauh ini, penghitungan ulang perubahan jumlah suara yang menang atau kalah, tetapi bukan hasil.

“Saat kita memperhitungkan suara khusus dan beberapa suara yang dinyatakan informal, kita bertekad untuk formal dan jadi hanya perubahan angkanya tapi bukan hasilnya,” ucapnya.

Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

Sementara itu, koresponden kami di Samoa, Autagavaia Tipi Autagavaia, mengatakan dua daerah pemilihan, pemenang dan calon kedua sangat dekat, daerah pemilihan Salelega 1, FAST hanya menang di daerah pemilihan itu dengan 27 suara.

“Jadi kami menunggu penghitungan akhir dengan pemungutan suara khusus untuk mengetahui bahwa keunggulan masih ada pada partai FAST,” tukasnya.

Baca Juga:  Gereja Pasifik Desak MSG Keluarkan Indonesia Jika Tidak Memfasilitasi Komisi HAM PBB Ke Papua

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Literasi di Papua Sangat Rendah, 30 Persen Anak Belum Bisa...

0
"Pemahaman literasi yang baik adalah fondasi penting dalam pendidikan. Pendidikan yang baik dan layak adalah kunci untuk masa depan yang lebih berkualitas bagi anak-anak dan masyarakat Papua," ujar Marthen S Sambo.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.