PasifikPresiden AS Akan Berpidato Pada KTT PIF

Presiden AS Akan Berpidato Pada KTT PIF

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Presiden AS, Joe Biden, diperkirakan akan berpidato di depan para Pemimpin Forum Kepulauan Pasifik pada pertemuan virtual yang akan dilaksanakan pada, Jumat (6/8/2021).

Biden telah diundang oleh Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama, yang akan menjadi ketua Pacific Islands Forum saat kelompok regional itu berulang tahun ke-50.

Isu-isu termasuk respon Covid-19, persiapan untuk KTT iklim COP 26, kesehatan dan keamanan laut siap untuk didiskusikan.

Baca Juga:  Ancaman Bougainville Untuk Melewati Parlemen PNG Dalam Kebuntuan Kemerdekaan

Ini akan menjadi pertama kalinya seorang presiden AS berpidato di pertemuan puncak para pemimpin Forum Pasifik yang memiliki 18 negara dan wilayah anggota.

“Saat kami memperingati 50 tahun aspirasi dan sejarah bersama kami di Pasifik, kami juga menemukan diri kami pada titik yang menentukan dalam sejarah kami, dan kami dihadapkan dengan tantangan politik, ekonomi dan sosial-ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh kawasan,” kata Bainimarama.

Baca Juga:  Ratu Viliame Seruvakula Perjuangkan Keinginan Masyarakat Adat Fiji

“Pertemuan pertama ini adalah awal dari serangkaian pertemuan yang akan mempertemukan para Pemimpin Forum selama 5 hingga 6 bulan ke depan untuk terus berdialog dan bekerja melalui tantangan di hadapan kita, dan untuk mengadvokasi dan memajukan prioritas kolektif kita.”

Sekretariat Forum mengatakan rangkaian pertemuan Forum ke-51 dalam beberapa bulan mendatang dengan Ketua akan melibatkan dialog virtual terkemuka dengan masyarakat sipil, sektor swasta, negara mitra dialog dan organisasi regional lainnya.

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

Pleno akan diadakan dengan anggota asosiasi dan pengamat Forum. Leaders Retreat secara langsung direncanakan di Fiji pada Januari 2022.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Perda Pengakuan dan Perlindungan MHA di PBD Belum Diterapkan

0
“Kami bersama AMAN Sorong Raya akan melakukan upaya-upaya agar Perda PPMHA  yang telah diterbitkan oleh beberapa kabupaten ini dapat direvisi. Untuk itu, sangat penting semua pihak duduk bersama dan membicarakan agar Perda PPMHA bisa lebih terarah dan terfokus,” ujar Ayub Paa.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.